PERANCANGAN ALAT AUTOMATIC PART SEGREGATION PADA MESIN STAMPING

2003321054, rifky febrian maulana (2023) PERANCANGAN ALAT AUTOMATIC PART SEGREGATION PADA MESIN STAMPING. D3 thesis, politeknik negeri jakarta.

[thumbnail of Awal, Bab 1, Bab 5, Lampiran] Text (Awal, Bab 1, Bab 5, Lampiran)
Awal, Bab 1, Bab5, Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s.d Bab 4] Text (Bab 2 s.d Bab 4)
Bab 2 s.d Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (895kB)
[thumbnail of jurnal] Text (jurnal)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (611kB)

Abstrak

Laporan ini membahas tentang implementasi Internet of Things (IoT) pada mesin stamping di PT. Omron Manufacturing of Indonesia. Tujuan dari tugas akhir ini adalah merancang alat part segregation otomatis pada mesin stamping guna meningkatkan kualitas dan kuantitas produk. Alat ini bertujuan untuk membantu memisahkan part-part yang baik (OK) dan part yang cacat (NG) secara otomatis, sehingga mengurangi human error dan meningkatkan efisiensi produksi.
Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan dan realisasi alat part segregation menggunakan mikrokontroler Arduino Uno dan NodeMcu ESP-8266. Alat ini terhubung dengan lampu dan sensor pada mesin stamping untuk mengambil data kondisi mesin secara real-time. Selanjutnya, data yang telah diambil akan disimpan di database dan ditampilkan pada website lokal, sehingga dapat dipantau oleh tim produksi.
Hasil pengujian alat menunjukkan bahwa alat part segregation berfungsi sesuai dengan tujuannya. Data kondisi mesin yang diambil secara real-time dapat tampil pada website lokal dengan delay yang dapat diterima. Alat ini membantu memperbaiki proses produksi dengan memisahkan otomatis part-part OK dan NG, sehingga meningkatkan kualitas produk dan efisiensi produksi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: A. Md.T rifky febrian maulana
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:30
Last Modified: 28 Aug 2023 01:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13830

Actions (login required)

View Item
View Item