SISTEM MONITORING PARAMETER KELISTRIKAN PADA GARDU DISTRIBUSI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA BERBASIS IOT

1903411006, Reyhana Mazhab Islami (2023) SISTEM MONITORING PARAMETER KELISTRIKAN PADA GARDU DISTRIBUSI POLITEKNIK NEGERI JAKARTA BERBASIS IOT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian identitas skripsi, bab1, bab 5, daftar pustaka, dan lampiran] Text (Bagian identitas skripsi, bab1, bab 5, daftar pustaka, dan lampiran)
Bagian Identitas Skripsi, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka, dan lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bagian Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Bagian Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Bagian Isi (Bab 2 - Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_TOLI8_PNJ.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (750kB)

Abstrak

Dengan menganalisis suatu sistem yang dapat bekerja secara realtime serta desain alat tampilan pada layar yang memungkinkan operator dapat dengan mudah memahami isi yang terkandung sehingga dapat mencegah permasalahan yang akan timbul. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem monitoring parameter kelistrikan gardu distribusi PNJ dengan program yang dirancang pada perangkat Haiwell IoT HMI, membuat suatu tampilan HMI yang dapat dioperasikan pada layar komputer atau ponsel secara IoT dan mengetahui pengaruh konektivitas terhadap perekaman data sistem monitoring. Hasil dari penelitian ini jam 17:13:24 sampai terakhir pada 17:15:24 dengan interval perekaman satu menit dan pada menit ke- 15:51 koneksi internet dimatikan tampilan history akan muncul popup connecting yang menandakan Haiwell tidak terhubung dengan internet. Selanjutnya pada jam 17:23:20 koneksi internet dihidupkan kembali tampilan history akan kembali seperti semula dan akan merekam hasil pengukuran power meter, dan bisa dilihat rekaman data akan tetap merekam walaupun koneksi internet padam sekalipun. Sehingga dapat disimpulkan melalui integrasi IoT memungkinkan pengguna untuk mengakses data daya dari perangkat yang terhubung secara langsung melalui jaringan internet dan real-time Monitoring. Dengan pemantauan daya yang cermat, dari Haiwell Cloud memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi area-area di mana terjadi pemborosan energi dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi konsumsi daya yang tidak perlu, sehingga mengurangi biaya operasional.

Kata kunci: Haiwell, IoT, Monitoring, Power Meter

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: S.Tr.T Reyhana Mazhab islami
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:25
Last Modified: 28 Aug 2023 01:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13805

Actions (login required)

View Item
View Item