RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI PELAT NOMOR KENDARAAN PADA PALANG PINTU PARKIR BERBASIS ANDROID

2003332011, Mimi Sandora (2023) RANCANG BANGUN SISTEM PENDETEKSI PELAT NOMOR KENDARAAN PADA PALANG PINTU PARKIR BERBASIS ANDROID. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas.pdf] Text
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of JURNAL.pdf] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (734kB)

Abstrak

Era sekarang kendaraan semakin banyak peminatnya di tiap rumah pasti mempunyai kendaraan, bahkan ada yang memiliki lebih dari 1 kendaraan baik kendaraan roda 2 maupun kendaraan roda 4. Kendaraan dapat mempermudah dan mempercepat tujuan seseorang dibandingkan dengan naik kendaraan umum sebagai alat tranfortasi. Hal ini berdampak pada makin banyaknya lahan-lahan parkir yang disediakan ditempat umum, akan tetapi hal ini tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas dan kenyamanan tempat parkir tersebut.
Berdasarkan peraturan kepala kepolisian republik Indonesia (RI) nomor 5 tahun 2012 tentang registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor (ranmor), tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) atau sering disebut pelat nomor merupakan tanda regident ranmor yang berfungsi sebagai bukti legitimasi pengoperasian ranmor berupa pelat atau berbahan lain dengan spesifikasi tertentu yang diterbitkan polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada ranmor (Bertarina,2021).
Sistem parkir yang digunakan selama ini masih diterapkan secara manual dengan penjagaan oleh manusia yang jumlahnya terbatas, sehingga memiliki banyak celah terjadi pencurian tanpa diketahui oleh pemilik kendaraan. Selama ini tempat parkir selalu menggunakan mesin parkir saat masuk dan operator saat keluar. Tiket juga akan dicetak untuk user dan harus menyimpan tiket tersebut sampai keluar. Hal ini dirasa kurang efektif, dikarenakan kurangnya proses otomisasi pada saat keluar dan juga ada kemungkinan akan kehilangan karcis parkir.
Berdasarkan permasalahan tersebut, munculah sebuah ide membuat aplikasi pembayaran untuk tempat parkir dan membuat web parkir untuk admin. Dengan adanya aplikasi dan web ini diharapkan dapat membantu mempermudah user dan admin dalam proses parkir dari masuk hingga keluar parkiran. User tidak perlu menyimpan tiket karena tiket sudah terdapat dalam aplikasi serta tarif yang harus dibayarkan oleh user selama parkir dan dapat dipantau atau di kontrol oleh admin melalui web parkir.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Mimi Sandora
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:37
Last Modified: 25 Aug 2023 08:37
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item
View Item