"Implementasi Sensor DHT11 Sebagai Pendeteksi Kelembapan Suhu Pada Sistem Pengering Sepatu"

2003321028, Ariztli Lathif Nurrahman Putra Pratama (2023) "Implementasi Sensor DHT11 Sebagai Pendeteksi Kelembapan Suhu Pada Sistem Pengering Sepatu". D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akhir (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar  Tabel), Abstrak, Bab 1 s.d Bab 5, Daftar Pustaka/Refrensi, Lampiran (Dalam 1 File)] Text (Halaman Identitas Tugas Akhir (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1 s.d Bab 5, Daftar Pustaka/Refrensi, Lampiran (Dalam 1 File))
BAB I & BAB V Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
BAB II - BAB IV ISI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (934kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (667kB)

Abstrak

Selama ini pengeringan sepatu di Indonesia jika sepatu dalam kondisi basah masih dengan menggunakan cara konvensional yaitu dijemur dengan memanfaatkan panas sinar matahari. Dikarenakan ketersediaan energi surya yang tidak dapat diprediksi terlebih pada saat musim hujan maka proses pengeringan akan menjadi lama. Maka dari itu, diperlukan alternatif lain untuk mengeringkan sepatu. Dengan alasan itulah penulis tertarik untuk membuat alat pengering sepatu dengan system kendali temperature. Alat pengering tersebut dikontrol dengan mikrokontroler yaitu, Arduino UNO, dilengkapi dengan heater sebagai pemanas yang temperature nya bisa dikendalikan dengan sensor DHT11 dan dilengkapi oleh kipas angin. Alat ini lebih efisien karena terdapat sensor Limit Switch yang akan menyesuaikan nyala kipas jika sepatu diletakkan di sebelah kanan, begitupun sebaliknya. Dengan adanya alat pengering sepatu otomatis tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam proses pengeringan sepatu. Karena mesin pengering tersebut tidak hanya pengering tetapi juga dapat menyimpan sepatu agar tetap terjaga kehangatannya.

Kata kunci : Pengering sepatu, Arduino Uno, DHT11, Limit Switch

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 530 Fisika
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Ariztli Pratama
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:13
Last Modified: 28 Aug 2023 01:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item
View Item