ANALISIS RISIKO INVESTASI PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL DENGAN SIMULASI MONTE CARLO

1901413015, Erythrina Damayanti (2023) ANALISIS RISIKO INVESTASI PADA PEMBANGUNAN JALAN TOL DENGAN SIMULASI MONTE CARLO. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Erythrina Damayanti_1901413015_16_Analisis Risiko Investasi Pada Pembangunan Jalan Tol Dengan Simulasi Monte Carlo_Identitas Skripsi.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of Isi Skripsi] Text (Isi Skripsi)
Erythrina Damayanti_1901413015_16_Analisis Risiko Investasi Pada Pembangunan Jalan Tol Dengan Simulasi Monte Carlo_Abstrak, Isi, Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

Sejalan dengan dilakukannya rencana investasi proyek infrastruktur, dapat dipastikan selalu dihadapkan dengan unsur ketidakpastian (uncertainty) dan risiko (risk). Dalam konteks manajemen konstruksi, risiko-risiko tersebut perlu diobservasi karena hal tersebut mempengaruhi tingkat keuntungan yang diperoleh dan juga dapat berdampak pada kegagalan pencapaian tujuan (project objectives). Risiko yang kemungkinan terjadi harus diupayakan untuk diatasi atau ditanggulangi, sehingga tidak menimbulkan dampak kerugian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi, menganalisis risiko, mengevaluasi, dan menganalisis respon risiko investasi yang berpengaruh pada Proyek Jalan Tol Padang – Pekanbaru Seksi Padang – Sicincin dengan menggunakan simulasi Monte Carlo. Serta melakukan penurunan besaran risiko setelah tindakan mitigasi dilakukan. Hasil analisis risiko investasi yang dilakukan, didapatkan 4 (empat) risiko yang tergolong ke dalam kategori tinggi dan 16 (enam belas) risiko yang tergolong ke dalam kategori sedang. Dengan total nilai besaran risiko sebesar Rp7.277.297.592.525. Dari hasil analisis pareto yang dilakukan, didapatkan bahwa 80% dari total besaran risiko terhadap biaya investasi disebabkan oleh 20% risiko atau 4 (empat) risiko dominan. Dan dari hasil analisis pareto ini dapat difokuskan untuk melakukan strategi mitigasi pada keempat risiko dominan agar dapat menurunkan tingkat risiko (risk rate) dari kategori tinggi menjadi kategori rendah. Dan dari hasil analisis yang dilakukan didapatkan penurunan nilai besaran risiko sebesar Rp4.843.731.229.075 (66,56%) dari nilai besaran risiko awal yaitu sebesar Rp7.277.297.592.525.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Erythrina Damayanti
Date Deposited: 27 Aug 2023 08:48
Last Modified: 27 Aug 2023 08:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item
View Item