SISTEM MONITOR PINTU INTERLOCK PADA PASSBOX WASTE ROOM UHT (ULTRA HIGH TEMPERATURE) BERBASIS IOT

2003321049, Muhamad Rizki Rafliansyah (2023) SISTEM MONITOR PINTU INTERLOCK PADA PASSBOX WASTE ROOM UHT (ULTRA HIGH TEMPERATURE) BERBASIS IOT. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan - Lampiran.pdf] Text
Pendahuluan - Lampiran.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV.pdf] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (732kB)
[thumbnail of Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf] Text
Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (557kB)

Abstrak

Bakteri dan polusi udara adalah salah satu masalah yang utama dalam memroduksi makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi kualitas produk. Dalam memproduksi makanan dan minuman, membutuhkan tingkat kebersihan dan kesterilisasian yang baik. Salah satunya mencegah kontaminasi udara, yaitu bertemunya dua udara yang bertemu karena aktifitas dua ruangan yang berbeda. Oleh sebab itu, tugas akhir ini bertujuan untuk merancang serta membangun alat untuk mencegah dan mengurangi kontaminasi udara tersebut. Selain sebagai pencegah kontaminasi udara, alat ini juga dapat berfungsi sebagai alat peringatan jika terjadinya pelanggaran atau terbukanya 2 pintu penghubung secara bersamaan. Berdasarkan data hasil penelitian pada rancang bangun yang diuji, alat ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai. Dengan menggunakan ESP32 sebagai teknologi utama. Pengunci pintu berupa solenoid door lock, pengontrol pintu menggunakan sensor proximity serta buzzer sebagai alarm peringatan. Metodologi yang digunakan adalah rancang bangun sebuah miniatur sebuah sistem interlock model bangunan berupa sebuah kotak seperti ruangan waste room. Prototipe ini memiliki potensi untuk digunakan sebagai solusi yang efisien dan terjangkau dalam meningkatkan kesterilisasian dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dari bakteri maupun polusi udara.

Kata Kunci: alat peringatan, pintu, kebersihan dan kesterilisasian, selenoid door lock, buzzer.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Muhamad Rizki Rafliansyah
Date Deposited: 25 Aug 2023 08:18
Last Modified: 25 Aug 2023 08:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item
View Item