IMPLEMENTASI UNITY ENGINE PADA APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PROPERTI BERBASIS ANDROID

4617040015, Raden Alwi Syahid Wahyudin (2021) IMPLEMENTASI UNITY ENGINE PADA APLIKASI VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PROPERTI BERBASIS ANDROID. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_4617040015_Raden Alwi Syahid Wahyudin-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi Skripsi_4617040015_Raden Alwi Syahid Wahyudin.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Jurnal Skripsi_4617040015_Raden Alwi Syahid Wahyudin.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (463kB)

Abstrak

Salah satu instrumen penting penentu kesuksesan sebuah bisnis adalah media pemasaran. Media pemasaran pun terus berubah mengikuti teknologi. Salah satu pemanfaatan teknologi untuk kebutuhan pemasaran adalah penggunaan virtual reality untuk media pemasaran perusahaan pengembang properti. Berdasarkan statistik dari (Grand View Research, 2020), pada tahun 2019, ukuran pasar global untuk VR adalah 10,32 miliar USD dengan implementasi terbesar adalah untuk bidang komersial seperti toko ritel, showroom mobil, dan real estate sebesar 52,5% dari keseluruhan pasar dan diharapkan akan terus berkembang dengan CAGR sebesar 21,6% dari tahun 2020 hingga 2027. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Virtual Reality berbasis Android yang dapat digunakan sebagai media pemasaran dengan fitur utama untuk proyeksi model properti yang ditawarkan pihak pengembang. Aplikasi dibuat dengan Unity engine dan memanfaatkan sensor gyroscope pada ponsel pintar. Berdasarkan hasil beta testing secara tatap muka, diketahui bahwa responden sangat setuju (88,3% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan sangat setuju (85% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah dipahami oleh orang awam. Sedangkan berdasarkan hasil beta testing secara daring, diketahui bahwa responden sangat setuju (80,7% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah digunakan dan setuju (78,5% dalam skala Likert) bahwa aplikasi ini mudah dipahami oleh orang awam.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Raden Alwi
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:30
Last Modified: 01 Sep 2021 02:30
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1362

Actions (login required)

View Item
View Item