Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Penetralan Kadar PH pada Akuarium Ikan Hias Air Tawa Berbasis Telegram

1907421028, Marven Thaddeus Abram Manalu (2023) Rancang Bangun Sistem Monitoring dan Penetralan Kadar PH pada Akuarium Ikan Hias Air Tawa Berbasis Telegram. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas, Pembukaan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas, Pembukaan (Bab 1), dan Penutup (Bab 5))
Halaman sampu_bab1_bab5_dafput.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of Bab 2 dan Bab 4] Text (Bab 2 dan Bab 4)
Bab 2 n bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (330kB)

Abstrak

Akuarium kecil seringkali mengalami kelalaian dalam pengawasan dikarenakan kurangnya perhatian yang diberikan. Padahal, pengawasan yang cermat sangat penting untuk akuarium kecil karena rentan terhadap pencemaran yang cepat dan menyebabkan tingkat pH menjadi tidak stabil. Untuk mengatasi masalah ini, sebuah sistem telah dikembangkan dengan menggunakan modul mikrokontroler ESP32, sensor pH 4502C, relay untuk mengaktifkan mini pompa, serta larutan penyeimbang (asam dan basa). Tujuan utama dari sistem ini adalah membangun sistem monitoring pH untuk akuarium air tawar berbasis platform Telegram. Selain itu, sistem ini bertujuan untuk mengendalikan pH dengan menghitung jumlah larutan yang diperlukan untuk menetralkan akuarium menggunakan metode matematika perbandingan. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi sensor sebesar 99,26% untuk larutan asam, 97,06% untuk larutan netral, dan 99,17% untuk larutan basa. Pengujian pompa menunjukkan bahwa pompa mampu mengeluarkan air dengan kecepatan 10 mL per detik. Sistem ini dilengkapi dengan antarmuka Telegram bot untuk memudahkan monitoring dan pengaturan jumlah larutan. Secara keseluruhan, sistem yang dikembangkan berhasil mencapai tujuan penelitian yang ditetapkan, menyediakan solusi yang handal dan mudah digunakan untuk pengelolaan pH pada akuarium air tawar kecil.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Unnamed user with email marven.thaddeusabrammanalu.tik19@mhsw.pnj.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:21
Last Modified: 25 Aug 2023 01:21
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13406

Actions (login required)

View Item
View Item