Pengaturan Kecepatan Motor DC sebagai Penggerak Konveyor pada Alat Pendeteksi Cacat Keramik

2003321041, Muhammad Alfi Hidayat (2023) Pengaturan Kecepatan Motor DC sebagai Penggerak Konveyor pada Alat Pendeteksi Cacat Keramik. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 sd Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 sd Bab 4))
Isi (Bab 2 sd Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (942kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (677kB)

Abstrak

Pemeriksaan dan pengujian hasil suatu proses sebagai upaya produsen untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas produksi. Metode pemeriksaan dapat dilakukan secara manual/konvensional, namun masih tinggi faktor kesalahannya. Teknisi pemeriksa kualitas mencantumkan hasil pengamatannya dengan tanda check list pada formulir. Faktor human error muncul akibat kelelahan berkeliling, jenuh, atau terkontaminasi bising sehingga mengganggu konsentarasi pengisian Check List Form (CLF). Agar hal tersebut tidak terjadi untuk pengamatan cacat keramik ubin yang terdiri dari cacat cekung, chipping, laminasi, belang dan cembung. Artikel ini khusus membahas cacat keramik ubin pada bagian permukaan nya. Karakter cacat dimaksud adalah sebaran titik-titik pada keramik ubin dengan diameter 2 mm. Desain alat deteksi terdiri dari 13 sensor infrared yang dipasang melintang ditengah konveyor. Konveyor ini digerakkan oleh motor DC. Hasil deteksi (Volt) dikonversi oleh mikrokontroler menjadi keluaran logic digital, bila mulus sensor mendeteksi logic 1. Logic 0, bila cacat. Logic tersebut akan diproses kembali oleh Arduino Mega 2560 untuk mendefinisikan keramik bagus dan cacat. Jika keramik terdeteksi bagus maka LED berwarna hijau akan menyala, sebaliknya jika keramik terdeteksi cacat makan LED berwarna merah yang akan menyala disertai bunyi buzzer dan cap spidol oleh motor servo. Setelah itu keramik akan berjalan menuju ujung konveyor yang sudah diletakkan sensor proximity IR, sehingga konveyor akan otomatis berhenti.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
500 – Ilmu Pengetahuan > 530 Fisika > 537 Listrik dan elektronik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Elektronika Industri D3
User ID Pengunggah: Muhammad Alfi Hidayat
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:16
Last Modified: 25 Aug 2023 03:16
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13391

Actions (login required)

View Item
View Item