PENGARUH SUBSTITUSI TERAK PENGELASAN SAW TERHADAP NILAI CBR LAPIS FONDASI ATAS

Putra, Muhammad Daffa (2023) PENGARUH SUBSTITUSI TERAK PENGELASAN SAW TERHADAP NILAI CBR LAPIS FONDASI ATAS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Halaman Identitas Skripsi-Muhammad Daffa Putra.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi BAB II sd BAB IV] Text (Isi BAB II sd BAB IV)
BAB II-BAB IV Skripsi-Muhammad Daffa Putra.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (18MB)

Abstrak

Pembangunan jalan menggunakan berbagai jenis perkerasan jalan. Perkerasan jalan adalah lapisan tanah di atas tanah dasar yang menahan beban lalu lintas dan mendistribusikannya ke tanah dasar. Ada dua jenis perkerasan jalan yaitu perkerasan lentur dan perkerasan kaku. Material perkerasan jalan terdiri dari agregat kasar dan halus sebagai pengikat untuk menahan beban lalu lintas. Karakteristik agregat penting dalam perencanaan lapis fondasi. Biasanya batu pecah dan batu belah digunakan, tetapi penelitian juga mengeksplorasi penggunaan bahan lain seperti batu kapur atau limbah hasil pengelasan. PT X memiliki limbah terak pengelasan SAW yang berpotensi mencemari lingkungan. Pada penelitian ini, penulis mencoba memaksimalkan penggunaan limbah material tersebut. Penelitian ini menggantikan material agregat kelas A pada lapisan fondasi atas dengan limbah terak pengelasan SAW yang bervariasi. Lapisan tersebut berfungsi untuk meneruskan beban dari lapisan permukaan ke lapisan fondasi bawah. Hasil pengujian berat jenis untuk agregat halus, agregat kasar, dan SAW memenuhi spesifikasi yang digunakan yaitu di atas 2.5. Hasil pengujian berat isi untuk agregat halus, agregat kasar, dan SAW memenuhi spesifikasi yaitu 0.4 - 1.9 Kg/liter. Pengujian abrasi untuk agregat kelas A dan SAW juga memenuhi spesifikasi yaitu 0 - 40%. Hasil pengujian abrasi untuk agregat kelas A dan SAW juga memenuhi spesifikasi. Substitusi SAW hingga 15% mengalami peningkatan nilai CBR, namun pada substitusi 20% terjadi penurunan nilai CBR. Dari hasil nilai CBR, persentase terak pengelasan SAW optimum adalah pada substitusi 15% terhadap agregat kelas A.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Muhammad Daffa Putra
Date Deposited: 26 Aug 2023 05:17
Last Modified: 26 Aug 2023 05:17
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item
View Item