Rancang Bangun Emergency Button Guna Mengatasi Pelecehan Seksual Di KRL Berbasis Komunikasi Long Range (LoRa)

2003332060, Cindi Tia Ardaneswari Hutabarat (2023) Rancang Bangun Emergency Button Guna Mengatasi Pelecehan Seksual Di KRL Berbasis Komunikasi Long Range (LoRa). Rancang Bangun Emergency Button Guna Mengatasi Pelecehan Seksual Di KRL Berbasis Komunikasi Long Range (LoRa). (Submitted)

[thumbnail of Halaman Identitas Tugas Akkhir] Text (Halaman Identitas Tugas Akkhir)
Halaman Identitas Tugas Akhir.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah)
Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (694kB)

Abstrak

Jumlah kasus pelecehan seksual setiap tahunnya mengalami peningkatan dan kebanyakan terjadi di tempat umum. Berdasarkan data dari koalisi ruang publik aman (KRPA) yang dirilis pada November 2022 lalu, sekitar 48,9 persen perempuan pernah mengalami pelecehan seksual saat menggunakan transportasi umum. Sebagian besar kasus tersebut terjadi di kereta rel listrik (KRL). Banyak korban mengalami ketakutan untuk meminta bantuan secara langsung. Petugas keamanan KRL juga selalu berpindah-pindah dan tidak menetap di satu gerbong, sehingga korban kesulitan untuk melaporkan kejadiannya.
Situasi pelecehan seksual sering membutuhkan tanggapan cepat dan responsif. Salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan membuat sebuah sistem emergency button menggunakan teknologi LoRa yang dilengkapi dengan aplikasi android sebagai notifikasi pada petugas keamanan. Dengan adanya aplikasi android, emergency button dapat memberikan komunikasi instan kepada petugas keamanan atau staf kereta, sehingga bantuan dapat diberikan dalam waktu sesingkat mungkin.
Aplikasi android dapat berfungsi dengan baik apabila telah berhasil terintegrasi dengan prototype emergency button melalui realtime database pada firebase. Melalui aplikasi android ini, lokasi korban dapat diidentifikasi dengan akurat karena dilengkapi dengan adanya denah lokasi dari emergency button. Ketika emergency button ditekan, aplikasi ini akan mengirimkan notifikasi instan kepada petugas keamanan atau staf yang memiliki kewenangan dalam menangani situasi tersebut. Integrasi antara prototype emergency button, realtime database firebase, dan aplikasi android menciptakan sinergi yang kuat dalam hal keamanan dan responsifitas. Solusi ini bukan hanya tentang teknologi semata, tetapi juga tentang memberikan perlindungan lebih baik dan perasaan aman kepada masyarakat. Dengan dibuatnya tugas akhir sub judul “Pembuatan Aplikasi Android pada Sistem Emergency Button”, aplikasi android menjadi jembatan vital yang menghubungkan antara individu yang membutuhkan bantuan dan pihak berwenang yang dapat memberikan pertolongan secepat mungkin.

Tipe Dokumen: Artikel
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Telekomunikasi D3
User ID Pengunggah: Cindi Tia Ardaneswari Hutabarat
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:56
Last Modified: 25 Aug 2023 02:56
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13375

Actions (login required)

View Item
View Item