PEMBUATAN ASET VISUAL 2D DAN USER INTERFACE PADA MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KULINER KHAS BETAWI UNTUK SISWA KELAS 6 SDN KALI ANYAR 02 PETANG

1907431005, Amrul Haqqi Zulkarnain (2023) PEMBUATAN ASET VISUAL 2D DAN USER INTERFACE PADA MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KULINER KHAS BETAWI UNTUK SISWA KELAS 6 SDN KALI ANYAR 02 PETANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of IDENTITAS, PENGESAHAN, BAB I, BAB V.pdf] Text
IDENTITAS, PENGESAHAN, BAB I, BAB V.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB II - BAB IV.pdf] Text
BAB II - BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)
[thumbnail of Jurnal_1907431005_Amrul Haqqi Zulkarnain.pdf] Text
Jurnal_1907431005_Amrul Haqqi Zulkarnain.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (743kB)

Abstrak

PLBJ merupakan sebuah mata pelajaran muatan lokal yang diperuntukan untuk sekolah yang ada di sekitar DKI Jakarta. Salah satu materi yang diajarkan adalah kuliner Betawi yang juga diajarkan di SDN Kali Anyar 02. Menurut Narasumber, metode pengajaran konvensional terkait materi kuliner yang diberikan kepada murid kelas 6 dianggap kurang efektif karena kurang berkesan dan terlalu monoton sehingga menyebabkan murid tidak paham dan mudah lupa dengan materinya. Jika murid melupakan makanan khas budaya Betawi dikhawatirkan identitas budaya Betawi memudar seiring berjalannya waktu. Narasumber menambahkan bahwa Media interaktif berbasis game dan animasi dianggap cukup efektif dan dibutuhkan sebagai media pengajaran anak-anak. Maka dari itu dibutuhkan sebuah media interaktif pengenalan materi kuliner Betawi untuk murid kelas 6 SDN Kali Anyar 02. Dalam pembuatan media interaktif, dibutuhkan aset desain dan User Interface. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada pembuatan aset 2D dengan metode MDLC versi luther dan pembuatan UI dengan metode design thinking. Berdasarkan beta testing pada kuesioner dari 29 Murid kelas 6 SDN Kali Anyar 02 didapat hasil yang cukup memuaskan. Persentase indeks sebanyak 90,5% mengatakan setuju bahwa desain asset dari media interaktif dapat membuat pengguna tertarik untuk belajar kuliner khas Betawi, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa desain aset 2D dan User Interface pada aplikasi media interaktif dapat menarik minat murid dan layak menjadi media pembelajaran Materi Kuliner Khas Betawi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Amrul Haqqi Zulkarnain
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:07
Last Modified: 24 Aug 2023 07:07
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13329

Actions (login required)

View Item
View Item