Efektivitas Penerapan Tax Amnesty dan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi di KKP Warsito)

1904431042, Syifa Nafsiyah (2023) Efektivitas Penerapan Tax Amnesty dan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi di KKP Warsito). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (926kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
IsiBab2sdBab4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (485kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (247kB)

Abstrak

Terjadinya Covid-19, mengakibatkan pemasukan negara menurun atas pembayaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak di Indonesia. Pemerintah mengeluarkan kebijakan Pengampunan Pajak (Tax Amnesty) dengan tujuan untuk menambah pemasukan negara melalui pengalihan aset, perluasan basis data perpajakan dan peningkatan penerimaan pajak. Terlebih keadaan sosialisasi kebijakan Tax Amnesty dinilai kurang berhasil karena partisipasi wajib pajak kurang dari target yang telah ditetapkan oleh pemerintah sehingga, pada tahun 2021 pemerintah mengeluarkan kebijakan Pengampunan Pajak dengan ketentuan dan istilah baru yang disebut dengan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) guna untuk mendorong pemulihan ekonomi karena belum tercapainya target pemerintah dalam Tax Amnesty dan krisis akibat Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas atas penerapan kebijakan Tax Amnesty dan PPS pada wajib pajak orang pribadi di KKP Warsito. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara mendalam, studi kepustakaan dan telaah dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas antara kedua kebijakan tersebut memiliki penurunan yang cukup drastis, karena dinilai lebih efektif penerapan Tax Amnesty dibandingkan dengan penerapan PPS.

Kata Kunci: Efektivitas, Tax Amnesty, Program Pengungkapan Sukarela

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 348 Undang-undang, hukum, regulasi dan kasus
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: SYIFA NAFSIYAH
Date Deposited: 25 Aug 2023 01:58
Last Modified: 25 Aug 2023 01:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

View Item
View Item