IMPLEMENTASI UNITY PADA PEMBUATAN 3D RUMAH ADAT BETAWI BERBASIS VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SETU BABAKAN

1907431019, Bivo Maulana Muhammadin (2023) IMPLEMENTASI UNITY PADA PEMBUATAN 3D RUMAH ADAT BETAWI BERBASIS VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SETU BABAKAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
BAB II-BAB IV.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (378kB)

Abstrak

Setu Babakan adalah tempat wisata yang didirikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi. Penurunan pengunjung yang terjadi sejak tahun 2020 hingga 2022 membuat pihak Setu Babakan ingin melakukan promosi wisata yang kreatif. Kurangnya inovasi dalam promosi turut menjadi faktor penurunan minat masyarakat untuk berkunjung. Selain kurangnya inovasi dalam promosi, pertanyaan terkait rumah adat Betawi juga sering dipertanyakan kepada pihak Setu Babakan sehingga hal ini juga menjadi salah satu kebutuhan promosi Setu Babakan. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuat virtual reality rumah adat Betawi untuk media promosi wisata Setu Babakan. Adanya aplikasi virtual reality ini dapat menjawab pertanyaan masyarakat mengenai rumah adat Betawi dan juga untuk mempromosikan wisata Setu Babakan. Metode yang digunakan dalam pengembangan penelitian yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan mengkombinasikan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah aplikasi virtual reality pengenalan rumah adat Betawi. Hasil penelitian pada pengujian beta testing yang dilakukan kepada 22 pengunjung Setu Babakan berusia 12-35 tahun, dapat ditarik kesimpulan bahwa 95% responden setuju teknologi VR dapat menyajikan informasi lebih menarik dan dapat menjadi media promosi rumah adat Betawi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Bivo Maulana Muhammadin
Date Deposited: 24 Aug 2023 05:59
Last Modified: 24 Aug 2023 05:59
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13285

Actions (login required)

View Item
View Item