RANCANG BANGUN GAME EDUKASI 2D DALAM MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN MATERI TRANSPORTASI UNTUK SISWA KELAS 3 MI AL HIDAYAH

1907431007, Ahmad Raihan Thariq (2023) RANCANG BANGUN GAME EDUKASI 2D DALAM MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN MATERI TRANSPORTASI UNTUK SISWA KELAS 3 MI AL HIDAYAH. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Skripsi_Ahmad Raihan Thariq_1907431007.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
BAB2-4_Skripsi_Ahmad Raihan Thariq_1907431007.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Ahmad Raihan Thariq_Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (485kB)

Abstrak

Transportasi merupakan alat yang berfungsi untuk memindahkan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lain. Materi transportasi menjadi begitu penting karena masuk dalam pembelajaran tematik sekolah dasar pada kurikulum 2013. Materi transportasi penting karena selain mempengaruhi nilai siswa, materi transportasi juga berlaku untuk kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan sekolah masih bersifat konvensional, sehingga pembelajaran tentang transportasi dirasa masih membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang bangun game edukasi 2D dalam media interaktif sebagai media bantu pembelajaran materi transportasi untuk siswa kelas 3 MI Al Hidayah. Metode pembuatan media interaktif ini menggunakan MDLC (Multimedia Development Live Cycle) versi luther yang memiliki tahapan sebagai berikut; Pengonsepan, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian, dan Distribusi. Penelitian ini menghasilkan media interaktif game edukasi 2D sebagai media bantu pembelajaran materi transportasi untuk siswa kelas 3 MI Al-Hidayah. Alpha testing menggunakan metode Black Box sehingga tercapai tujuan media interaktif game edukasi 2D yang dapat dijalankan dengan baik dan sesuai dengan desain perancangan. Hasil beta testing menunjukkan bahwa indeks persentase rata-rata 86,09% siswa sangat setuju terhadap game edukasi 2D dalam media interaktif sebagai media bantu materi pembelajaran transportasi. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa game edukasi 2D dapat memacu semangat dan motivasi belajar siswa serta dapat menjadi media pembelajaran materi transportasi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Ahmad Raihan Thariq
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:10
Last Modified: 24 Aug 2023 01:10
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13220

Actions (login required)

View Item
View Item