Sistem Pengukuran Excess Pore Water Pressure dan Pengaturan Frekuensi Getaran Pada Model Alat Simulator Likuefaksi Tanah

1903431020, Dea Aulia Sakinah (2023) Sistem Pengukuran Excess Pore Water Pressure dan Pengaturan Frekuensi Getaran Pada Model Alat Simulator Likuefaksi Tanah. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
AWAL_SKRIPSI D4 Reguler_Dea Aulia Sakinah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
BAB II - IV_SKRIPSI D4 Reguler_Dea Aulia Sakinah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Jurnal Alat Simulator Likuefaksi Tanah Berbasis LabVIEW.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (832kB)

Abstrak

Shaking table merupakan salah satu alat yang dapat merepresentasikan kondisi lapangan saat adanya guncangan gempa untuk menunjang studi mendalam terkait kemungkinan peristiwa likuefaksi tanah yang dapat terjadi saat adanya gempa bumi. Pengamatan peristiwa likuefaksi tanah pada penelitian ini dilakukan dalam skala laboratorium dengan memberikan guncangan selama 60 detik pada plant untuk melihat respon tekanan air pori (excess pore water pressure) berdasarkan nilai frekuensi getaran atau guncangan yang diberikan pada plant. Hasil penelitian ini diperoleh sistem yang dirancang dapat terintrgrasi dengan LabVIEW dengan rata-rata kesalahan untuk nilai deviasi pada pressure transmitter 1 dengan teori sebesar kurang lebih 0.35, pressure transmitter 2 dengan teori sebesar kurang lebih 0.19, pressure transmitter 3 dengan teori sebesar kurang lebih 0.25, frekuensi yang diterima motor tanpa beban dengan frekuensi VFD sebesar kurang lebih 0.64, dan pada frekuensi yang diterima motor diberi beban dengan frekuensi VFD sebesar kurang lebih 0.90. Berdasarkan hasil dari penelitian, sistem yang dibuat dapat diterapkan untuk memanfaatkan teknologi software LabVIEW dalam mengakuisisi, mengolah, dan menyajikan data, sehingga dapat menunjang keberhasilan pengamatan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 621 Fisika terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 629 Cabang teknik lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Instrumentasi dan Kontrol Industri D4
User ID Pengunggah: Dea Aulia Sakinah
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:47
Last Modified: 24 Aug 2023 03:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item
View Item