PEMBUATAN SIMULASI 3D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY

1907431018, Refviona Febriantika (2023) PEMBUATAN SIMULASI 3D PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF PENGENALAN RAMBU LALU LINTAS BERBASIS MARKERLESS AUGMENTED REALITY. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi] Text (Bagian Identitas Skripsi)
Bagian Identitas Skripsi & Bab 1 & Bab 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of ISI (Bab 2-4)] Text (ISI (Bab 2-4))
ISI (Bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
Jurnal_RefvionaFebriantika.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (391kB)

Abstrak

Faktor penyebab kecelakaan dijalan salah satunya disebabkan oleh kelalaian pengendara yang tidak memperhatikan rambu lalu lintas. Pembelajaran rambu lalu lintas diperlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dijalan. Berdasarkan wawancara dengan PT Giri Artha Sejahtera cabang Cibinong, PT Giri Artha Sejahtera memiliki buku panduan mengemudi yang berisikan pengetahuan rambu lalu lintas. Namun, penggunaan buku tersebut belum didistribusikan dengan baik ke seluruh cabang sehingga pembelajaran dilakukan secara lisan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan edukasi tentang pengenalan rambu lalu lintas dengan pembuatan media edukasi interaktif berbasis markerless augmented reality yang dilengkapi dengan simulasi 3D sebagai visualisasi penyampaian informasi tentang rambu lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat simulasi 3D pada media edukasi interaktif pengenalan rambu lalu lintas berbasis markerless augmented reality, mengetahui kelayakan simulasi 3D berdasarkan tanggapan ahli serta mengetahui pengaruh pembuatan simulasi 3D terhadap motivasi peserta kursus. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari penelitian ini berupa simulasi 3D berformat file .fbx yang digunakan dalam media edukasi interaktif pembelajaran rambu lalu lintas. Berdasarkan beta testing kepada peserta kursus didapatkan persentase 90,44%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya motivasi peserta kursus dalam mempelajari rambu lalu lintas menggunakan simulasi 3D dengan kategori sangat tinggi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: S.Tr.Kom Refviona Febriantika
Date Deposited: 24 Aug 2023 01:26
Last Modified: 24 Aug 2023 01:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13148

Actions (login required)

View Item
View Item