OPTIMASI UNJUK KERJA SISTEM PENGENDALI PI-PLC VSD PADA KONVEYOR DENGAN VISUALISASI 3D

1903411009, Yayak Dwi Handoyo (2023) OPTIMASI UNJUK KERJA SISTEM PENGENDALI PI-PLC VSD PADA KONVEYOR DENGAN VISUALISASI 3D. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi.pdf] Text
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf] Text
Manuskrip Artikel Ilmiah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (530kB)

Abstrak

Penggunaan konveyor sebagai alat untuk memindahkan barang memiliki peran penting dalam meningkatkan efisiensi waktu dan keamanan dalam proses mobilisasi barang. Untuk mengoptimalkan performa konveyor, diperlukan sistem kontrol yang efisien agar kecepatan dan torsi motor konveyor tetap stabil dalam menghadapi variasi beban yang diterima. Tanpa adanya sistem kontrol, penurunan kecepatan akibat beban berlebih dapat mempengaruhi kinerja motor, menyebabkan kenaikan torsi, arus, dan daya mekanik yang berpotensi merusak motor dalam jangka panjang. Dalam penelitian ini, dikembangkan sistem pengendali konveyor menggunakan metode PID dengan metode trial error untuk mencari parameter PID yang paling efektif. Sistem pengendali konveyor ini berbasis plant, simulasi, dan manual. Pada plant, digunakan voltage injector sebagai simulasi beban yang diterima. Selain itu, pada simulasi Factory IO digunakan simulasi load conveyor secara otomatis untuk mengukur berat beban dari variasi beban yang ada, dan manual digunakan untuk pengkalibrasian encoder. Penggunaan visualisasi 3D melalui Factory IO sebagai simulator mempermudah pemahaman dan pembelajaran bagi mahasiswa dalam memahami logika pemrograman industri. Dari pengujian yang dilakukan, parameter P dan I yang efektif adalah 20 dan 12. Parameter tersebut menunjukkan performa yang baik dalam berbagai pengujian, baik tanpa beban maupun berbeban, baik beban tetap maupun bervariasi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan media pembelajaran yang bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin memahami dan mempelajari sistem pengendalian PID pada konveyor. Sistem pengendali konveyor yang efisien dan stabil dapat meningkatkan efisiensi operasional dan umur motor, serta memberikan kontribusi positif dalam penggunaan konveyor pada berbagai aplikasi industri.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 680 Produksi untuk keperluan khusus
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 681 Produksi instrumen presisi dan perangkat lainnya
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Elektro > Teknik Otomasi Listrik Industri D4
User ID Pengunggah: Yayak Dwi Handoyo
Date Deposited: 28 Aug 2023 00:54
Last Modified: 28 Aug 2023 00:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item
View Item