PEMBUATAN 3D ASSET DAN ENVIRONMENT RUMAH ADAT BETAWI BERBASIS VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SETU BABAKAN

1907431024, Zahra Alifia Putri (2023) PEMBUATAN 3D ASSET DAN ENVIRONMENT RUMAH ADAT BETAWI BERBASIS VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA SETU BABAKAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
Zahra Alifia Putri_1907431024_Halaman Identitas.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 2 sd Bab 4] Text (Bab 2 sd Bab 4)
Zahra Alifia Putri_1907431024_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)
[thumbnail of Manuskrip Jurnal] Text (Manuskrip Jurnal)
Zahra Alifia Putri_1907431024_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (528kB)

Abstrak

Setu Babakan adalah kawasan perkampungan yang ditetapkan pemerintah Jakarta sebagai tempat pelestarian budaya Betawi. Pada tahun 2020 sampai 2022 kunjungan wisata mengalami penurunan signifikan ditambah banyaknya masyarakat yang belum mengetahui adanya wisata tersebut. Tidak adanya inovasi kreatif serta belum optimalnya media promosi yang dilakukan menjadi salah satu faktor kurangnya kunjungan. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan media promosi berbasis teknologi sebagai daya tarik wisata Setu Babakan. Banyaknya ketertarikan masyarakat terhadap rumah betawi serta adanya rumah yang belum ditampilkan pada wisata Setu Babakan menjadi kebutuhan dalam pengembangan media promosi wisata Setu Babakan. Media promosi ini menggunakan teknologi Virtual Reality dengan objek 3D rumah adat Betawi danenvironmentnya. Tujuan dari penelitian ini merancang aset 3D yang digunakan dalam pembuatan media promosi wisata Setu Babakan. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan pendekatan mix method. Tahapan penelitian menggunakan
Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian ini adalah aset 3D rumah adat Betawi dan environment yang akan digunakan dalam aplikasi. Berdasarkan alpha testing aset 3D sudah sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan beta testing kepada pengelola didapatkan rata rata presentase 97,22 persen dan pengunjung 93,57 persen menunjukkan keseluruhan aset 3D yang dihasilkan sangat layak pada skala interval, sedangkan kepada ahli media keseluruhan aset 3D sesuai dengan referensi yang menunjukkan layak untuk digunakan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Zahra Alifa Putri
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:08
Last Modified: 23 Aug 2023 06:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13097

Actions (login required)

View Item
View Item