PENGARUH IMPLEMENTASI ISO 9001:2015 TERHADAP RISIKO MUTU PADA PROYEK KPBU (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket III)

Madani, Puti Ayu Faras (2023) PENGARUH IMPLEMENTASI ISO 9001:2015 TERHADAP RISIKO MUTU PADA PROYEK KPBU (Studi Kasus : Proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket III). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB1 DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA_PUTI AYU FARAS MADANI.pdf] Text
SKRIPSI_BAGIAN KELENGKAPAN AWAL, BAB1 DAN BAB V, DAFTAR PUSTAKA_PUTI AYU FARAS MADANI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI_ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN LENGKAP_PUTI AYU FARAS MADANI.pdf] Text
SKRIPSI_ABSTRAK, ABSTRACT, BAB II-BAB IV, LAMPIRAN LENGKAP_PUTI AYU FARAS MADANI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (7MB)

Abstrak

Dengan adanya skema KPBU dibidang konstruksi ditujukan untuk menciptakan upaya dalam memenuhi kebutuhan dalam penyediaan infrastruktur di Indonesia. Upaya tersebut beriringan dengan adanya identifikasi risiko yang mungkin atau akan terjadi sehingga dapat dikenali dan dinilai terlebih dahulu. Untuk mengendalikan risiko yang ada maka dijalankannya sistem manajemen mutu yang baik. Salah satu bentuk sistem manajemen mutu adalah menggunakan ISO 9001:2015. Namun dalam penerapannya tidak terlepas dari risiko – risiko yang akan mempengaruhi mutu konstruksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penerapan sistem manajemen mutu dengan ISO 9001:2015, mengetahui faktor risiko mutu yang mempengaruhi mutu konstruksi, dan menganalisa penanganan risiko sesuai dengan matriks risiko pada proyek KPBU. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan studi literatur. Dalam mengholah data penelitian menggunakan SPSS dan excel serta uji validitas, reliabilitas, stastistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisa regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil dari analisa didapatkan bahwa tingkat dari penerapan ISO 9001:2015 sebesar 82.81% yang digolongkan pada katagori sangat baik. Untuk faktor risiko yang mempengaruhi mutu adalah perencanaan dengan nilai 8.41 dalam katagori tinggi. Variabel sistem manajemen mutu diuji secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap risiko mutu konstruksi. Pada variabel risiko mutu konstruksi memiliki nilai dominan dipengaruhi sebesar 60.2% oleh variabel ISO 9001:2015

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: nyonya puti ayu faras madani
Date Deposited: 25 Aug 2023 05:03
Last Modified: 25 Aug 2023 05:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13072

Actions (login required)

View Item
View Item