RANCANG BANGUN ASET 2D DAN VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER UNTUK SEKOLAH DASAR

1907432014, Rizqi Akbari Syakur (2023) RANCANG BANGUN ASET 2D DAN VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT KOMPUTER UNTUK SEKOLAH DASAR. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan dan Penutup)
(Judul, Pendahuluan dan Penutup).pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II sd BAB IV] Text (BAB II sd BAB IV)
(BAB 2 sd BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Rizqi Akbari Syakur_Jurnal Skripsi] Text (Rizqi Akbari Syakur_Jurnal Skripsi)
Manuskrip Jurnal.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (630kB)

Abstrak

Media pembelajaran adalah salah satu faktor penting dalam keberhasilan kegiatan pembelajaran di dunia Pendidikan. Penyampaian materi pengenalan perangkat komputer pada SDN 02 Pisangan masih menggunakan materi ppt dan menggunakan metode pembelajaran tradisional dengan menggunakan buku dan papan tulis. Cara tersebut dinilai kurang maksimal dalam penyampaian materi dan membuat kecenderungan bosan saat siswa membaca materin Seiring berjalannya waktu, media pembelajaran seharusnya mampu mengiringi perkembangan teknologi yang ada. Animasi dapat menjadi salah satu contoh pengembangan media pembelajaran yang masih konvensional. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah video animasi 2 dimensi yang didalamnya terdapat pengenalan perangkat komputer seperti mouse, keyboard dan monitor untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model design thinking yang terdiri dari tahap empathize, define, ideate, prototype, testing, dan implement. Sedangkan pada tahap pembuatan prototype menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pada tahap testing menggunakan kuesioner yang dihitung dengan skala likert dan wawancara didapatkan hasil sangat setuju bahwa video animasi dalam aplikasi dapat membantu pembelajaran TIK.

Kata Kunci: Animasi 2D, MDLC, Teknologi, Komputer, Media Pembelajaran

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Rizqi Akbari Syakur
Date Deposited: 23 Aug 2023 02:47
Last Modified: 23 Aug 2023 02:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

View Item
View Item