RANCANG BANGUN SISTEM AUTOMATIC WATERING DAN ATAP PELINDUNG PADA TANAMAN CABAI BERBASIS INTERNET OF THINGS

1907423002, Rika Santy Sabilla (2023) RANCANG BANGUN SISTEM AUTOMATIC WATERING DAN ATAP PELINDUNG PADA TANAMAN CABAI BERBASIS INTERNET OF THINGS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of RIKA SANTY SABILLA LAPORAN SKRIPSI bab 1 dan bab 5.pdf] Text
RIKA SANTY SABILLA LAPORAN SKRIPSI bab 1 dan bab 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of RIKA SANTY SABILLA LAPORAN SKRIPSI bab 2 - bab 4.pdf] Text
RIKA SANTY SABILLA LAPORAN SKRIPSI bab 2 - bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal Skripsi_Rika Santy Sabilla.pdf] Text
Jurnal Skripsi_Rika Santy Sabilla.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (396kB)

Abstrak

Tanaman cabai merupakan salah satu tanaman yang popular di kalangan petani karena permintaannya yang tinggi khususnya grosir pasar dan industri makanan. Namun memburuknya lahan atau tanah dan kurangnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas menjadi faktor harga cabai terus meningkat. Saat ini tren mulai bergeser ke perangkat pintar yang menggunakan Internet of Things untuk mengatasi masalah umum seperti masalah penyiraman dan pemantauan pada tanaman. Dalam penelitian ini diusulkan sebuah Automatic Watering dan Monitoring Pada Tanaman Cabai yang dapat mengurangi interaksi secara langsung karena memiliki fitur otomatisasi, sistem dapat mengetahui kelembaban tanah pada tanaman, mengetahui debit air yang keluar, mengetahui jarak ketinggian air pada bak/tangki air, dan dapat melindungi tanaman dari hujan serta dapat dipantau dari jarak jauh. Sistem yang dikembangkan diuji dengan metode pengujian fungsionalitas, dan pengujian performa. Pengujian fungsionalitas memberikan hasil bahwa keseluruhan sistem dapat bekerja sesuai yang diinginkan. Pengujian performa pada sensor soil dan sensor hujan memeberikan hasil yang stabil dan sesuai pada tiap-tiap sensor, sensor ultrasonik memberikan hasil tingkat keakurasian sebesar 99,38 persen dan sensor waterflow berada diangka 97,66 persen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia dan Jaringan D4
User ID Pengunggah: Rika Santy Sabilla
Date Deposited: 22 Aug 2023 07:28
Last Modified: 22 Aug 2023 07:28
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12990

Actions (login required)

View Item
View Item