1907431014, Habibie Muhammad Ar Rahim (2023) RANCANG BANGUN GAME DALAM MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KULINER KHAS BETAWI PADA PLBJ UNTUK SISWA KELAS 6 SDN KALI ANYAR 02 PETANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.
1907431014_Habibie Muhammad Ar Rahim_Skripsi_Identitas.pdf
Download (7MB)
1907431014_Habibie Muhammad Ar Rahim_Skripsi_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ
Download (4MB)
1907431014_Habibie Muhammad A_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori
Download (519kB)
Abstrak
Penyampaian materi kuliner khas Betawi pada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) pada kelas 6 SDN Kali Anyar 02 Petang selama ini hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah, buku, dan praktik. Guru dari kelas tersebut yang merupakan narasumber penelitian ini menilai, bahwa metode-metode tersebut kurang efektif serta mudah membuat siswa menjadi lupa setelah belajar. Jika materi ini tidak tersampaikan dengan baik, maka siswa bisa menjadi tidak mengenali kuliner khas Betawi yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan inovasi media interaktif untuk membantu pembelajaran materi kuliner khas Betawi pada PLBJ untuk guru dan siswa kelas 6 SDN Kali Anyar 02 Petang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther yang terdiri dari 6 tahap utama yaitu Pengonsepan, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian, dan Pendistribusian. Penelitian ini menghasilkan media edukasi interaktif dalam bentuk game yang menyimulasikan langkah memasak yang disederhanakan. Hasilnya adalah sebanyak 85,05% siswa sangat setuju bahwa penyajian materi lewat game KulBet lebih menarik bagi pengguna dibandingkan menggunakan metode konvensional seperti lewat buku atau metode ceramah. Selain itu, game KulBet juga lebih menarik minat belajar siswa dan membangkitkan semangat, dan motivasi belajar mereka terhadap kuliner khas Betawi pada PLBJ.
Tipe Dokumen: | Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4) |
---|---|
Subjek: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: | Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4 |
User ID Pengunggah: | Habibie Muhammad Ar Rahim |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 05:44 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 05:44 |
URI: | https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12970 |