RANCANG BANGUN GAME DALAM MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KULINER KHAS BETAWI PADA PLBJ UNTUK SISWA KELAS 6 SDN KALI ANYAR 02 PETANG

1907431014, Habibie Muhammad Ar Rahim (2023) RANCANG BANGUN GAME DALAM MEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN KULINER KHAS BETAWI PADA PLBJ UNTUK SISWA KELAS 6 SDN KALI ANYAR 02 PETANG. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
1907431014_Habibie Muhammad Ar Rahim_Skripsi_Identitas.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of Isi skripsi BAB 2 s/d BAB 4] Text (Isi skripsi BAB 2 s/d BAB 4)
1907431014_Habibie Muhammad Ar Rahim_Skripsi_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
1907431014_Habibie Muhammad A_Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (519kB)

Abstrak

Penyampaian materi kuliner khas Betawi pada mata pelajaran Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta (PLBJ) pada kelas 6 SDN Kali Anyar 02 Petang selama ini hanya menggunakan metode konvensional seperti ceramah, buku, dan praktik. Guru dari kelas tersebut yang merupakan narasumber penelitian ini menilai, bahwa metode-metode tersebut kurang efektif serta mudah membuat siswa menjadi lupa setelah belajar. Jika materi ini tidak tersampaikan dengan baik, maka siswa bisa menjadi tidak mengenali kuliner khas Betawi yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan menghasilkan inovasi media interaktif untuk membantu pembelajaran materi kuliner khas Betawi pada PLBJ untuk guru dan siswa kelas 6 SDN Kali Anyar 02 Petang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther yang terdiri dari 6 tahap utama yaitu Pengonsepan, Perancangan, Pengumpulan Bahan, Perakitan, Pengujian, dan Pendistribusian. Penelitian ini menghasilkan media edukasi interaktif dalam bentuk game yang menyimulasikan langkah memasak yang disederhanakan. Hasilnya adalah sebanyak 85,05% siswa sangat setuju bahwa penyajian materi lewat game KulBet lebih menarik bagi pengguna dibandingkan menggunakan metode konvensional seperti lewat buku atau metode ceramah. Selain itu, game KulBet juga lebih menarik minat belajar siswa dan membangkitkan semangat, dan motivasi belajar mereka terhadap kuliner khas Betawi pada PLBJ.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Habibie Muhammad Ar Rahim
Date Deposited: 22 Aug 2023 05:44
Last Modified: 22 Aug 2023 05:44
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12970

Actions (login required)

View Item
View Item