PEMBUATAN ASET 3D SEBAGAI MEDIA PROMOSI MARKETPLACE PAKAIAN BERBASIS WEBSITE

1907431025, Chris Mulyawarman Chandra (2023) PEMBUATAN ASET 3D SEBAGAI MEDIA PROMOSI MARKETPLACE PAKAIAN BERBASIS WEBSITE. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka dan Lampiran] Text (Halaman Identitas Skripsi (Judul, Lembar Pengesahan, Halaman Deklarasi Orisinalitas, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel), Abstrak, Bab 1, Bab 5, Daftar Pustaka dan Lampiran)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah (jurnal)] Text (Manuskrip artikel ilmiah (jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (204kB)

Abstrak

Pada awalnya, sering kali terjadi ketidaksesuaian atau ketidakcocokan saat berbelanja atau membeli produk pakaian bagi para pengguna, sehingga berakibat merugikan pembeli dan penjual. Oleh karena itu, diperlukan sebuah solusi berupa visualisasi atau gambaran yang dapat memberikan tampilan sebelum produk dibeli oleh pengguna. Pada penelitian ini dibuat aset 3D untuk sebuah Marketplace yang mengimplementasikan visualisasi 3D yang mampu menggambarkan ukuran tubuh yang beragam. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melihat berbagai jenis baju dan memvisualisasikan penampilan baju tersebut pada tubuh sesuai dengan preferensi mereka. Jenis penelitian yang dilakukan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif menggunakan tiga metode, yaitu studi literatur, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini mengadopsi tahapan penelitian yang dikenal sebagai Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan enam tahapan yaitu: konsep (Concept), perancangan (Desain), pengumpulan bahan(Material Collecting), pembuatan (Assembly), pengujian(Testing), dan distribusi (Distribution). Tujuan penelitian yaitu berupa aset 3D dengan tipe file .glb yang terdiri dari 18 jenis badan, 3 jenis baju dan, 3 ukuran baju yang akan digunakan dalam sebuah website. Hasil pengujian alpha testing dan beta testing oleh ahli 3D menunjukan bahwa seluruh aset sudah sesuai dengan konsep yang dirancang.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Multimedia Digital D4
User ID Pengunggah: Chris Chandra
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:18
Last Modified: 22 Aug 2023 01:18
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item
View Item