PELAKSANAAN PEKERJAAN DEWATERING PADA KONSTRUKSI BASEMENT PROYEK BERKAT NIAGA DUNIA OFFICE

2001311022, Setyaning Kinasih (2023) PELAKSANAAN PEKERJAAN DEWATERING PADA KONSTRUKSI BASEMENT PROYEK BERKAT NIAGA DUNIA OFFICE. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of HALAMAN SAMPUL + BAB 1] Text (HALAMAN SAMPUL + BAB 1)
Halaman sampul tugas akhir + bab 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4 + LAMPIRAN.pdf] Text
BAB 2 - BAB 4 + LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Terbatasnya lahan dalam proses dibangunnya sebuah gedung dapat mencetuskan sebuah inovasi suatu konstruksi dalam memanfaatkan lahan sebaik mungkin. Inovasi tersebut yaitu dengan memanfaat lahan di bawah tanah. Pembangunan yang dilaksanakan di bawah tanah yang memiliki muka air tanah di atas galian harus dilakukan pemompaan agar pelaksanaan pekerjaan bawah tanah dapat berjalan dengan baik, yaitu dengan cara dewatering. Dewatering adalah suatu pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan mengeringkan lahan galian yang berada pada bawah muka air tanah, dan juga berfungsi dalam menjaga muka air tanah agar tetap berada di bawah muka air tanah yang direncanakan. Pada Proyek Berkat Niaga Dunia Office menggunakan dua sumur dewatering, dua sumur recharging well dan dua sumur piezometer. Pada setiap sumur memiliki kedalaman dan diameter lubang pengeboran yang berbeda yaitu 12 meter dengan diameter lubang 8” untuk sumur dewatering, 8 meter dengan diameter lubang 6” untuk sumur recharging well, 8 meter dengan diameter lubang 4” untuk sumur piezometer.
Kata Kunci : Basement, Dewatering, Galian, Metode Pelaksanaan, Muka Air Tanah

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D3
User ID Pengunggah: Setyaning Kinasih
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:50
Last Modified: 23 Aug 2023 04:50
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12949

Actions (login required)

View Item
View Item