ANALISIS RISIKO OPERASIONAL TERHADAP PENGURANGAN PENDAPATAN JALAN TOL DENGAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus : Jalan Tol Jakarta Cikampek)

Endrotanoyo, Wisnu Ekapaksi (2023) ANALISIS RISIKO OPERASIONAL TERHADAP PENGURANGAN PENDAPATAN JALAN TOL DENGAN SIMULASI MONTE CARLO (Studi Kasus : Jalan Tol Jakarta Cikampek). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Wisnu Ekapaksi Endrotanoyo_1901413001_02_Analisis Risiko Operasional Terhadap Pengurangan Pendapatan Jalan Tol dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus Jalan Tol Jakarta Cikampek)_Halaman Identitas.pdf

Download (597kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Wisnu Ekapaksi Endrotanoyo_1901413001_02_Analisis Risiko Operasional Terhadap Pengurangan Pendapatan Jalan Tol dengan Simulasi Monte Carlo (Studi Kasus Jalan Tol Jakarta Cikampek)_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Jalan Tol Jakarta Cikampek merupakan ruas jalan tol vital yang beroperasi dalam gugusan Tol Trans Jawa yang membentang dari wilayah Halim, Kota Jakarta Timur sampai dengan wilayah Cikampek, Kabupatan Karawang. Keberhasilan pengoperasian jalan tol ditentukan oleh kemampuan dalam mengelola berbagai aspek, khususnya aspek risiko operasional. Risiko operasional yang tidak dikelola dengan baik akan berdampak pada mutu, biaya, waktu, dan keselamatan dan kesehatan kerja. Risiko operasional dapat timbul dari bencana alam, gangguan keamanan, kepadatan lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, kerusakan akibat tidak terpeliharanya jalan, dan lain sebagainya. Risiko operasional akan berpotensi terjadinya pengurangan pendapatan jalan tol. Pengurangan pendapatan mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan bagi pihak pengelola jalan tol dan mengganggu kelancaran pendapatan yang seharusnya diperoleh dari tarif tol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor risiko operasional yang berpengaruh, menganalisis risiko operasional, serta pengendalian terhadap pengurangan pendapatan jalan tol. Risiko operasional dianalisis melalui Simulasi Monte Carlo dan Prinsip Pareto 80/20. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 28 faktor risiko berpengaruh terhadap pengurangan pendapatan, 5 risiko operasional dominan berpotensi terhadap pengurangan pendapatan jalan tol sebesar Rp251,100,000,000 sampai dengan Rp297,000,000,000, dan dengan melakukan pengendalian risiko sebesar 50% dari risiko operasional dominan berpotensi mengurangi pengurangan pendapatan jalan tol sebesar Rp10,000,000,000 sampai dengan Rp14,000,000,000.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Wisnu Ekapaksi Endrotanoyo
Date Deposited: 23 Aug 2023 04:36
Last Modified: 23 Aug 2023 04:36
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item
View Item