Analisis Manajemen Risiko Terhadap Kontrak Perencanaan Konstruksi Jalan Tol Dengan Metode SImulasi Monte Carlo

Sutedi, Luthfi Maulana (2023) Analisis Manajemen Risiko Terhadap Kontrak Perencanaan Konstruksi Jalan Tol Dengan Metode SImulasi Monte Carlo. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Luthfi Maulana Sutedi_1901413020_13_Analsisi Manajemen Risiko Terhadap Kontrak Perencanaan Konstruksi Jalan Tol Dengan Metode Simulasi Monte Carlo_Halaman Identitas.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
Luthfi Maulana Sutedi_1901413020_13_Analsisi Manajemen Risiko Terhadap Kontrak Perencanaan Konstruksi Jalan Tol Dengan Metode Simulasi Monte Carlo_Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)

Abstrak

Jalan tol sebagai infrasturktur jalan bebas hambatan telah menjadi prioritas pemerintah dan berdampak positif dalam hal efisiensi waktu jarak tempuh. Selain itu, jalan tol juga dapat memberikan dorongan kepada infrastruktur lainnya agar ikut dikembangkan sehingga nantinya Indonesia memiliki kemajuan infrastruktur secara merata. Salah satu proyek konstruksi jalan tol yang sedang dalam tahap perencanaan adalah Proyek Ruas Tol Ruas Betung – Jambi Seksi 3 yang merupakan salah satu ruas dari JTTS (Jalan Tol Trans Sumatra). Pada perencanaan proyek ini, sudah terdapat perubahan kontrak perencanaan (addendum) sebanyak lima kali yang mana perubahan tersebut meliputi perubahan nomenklatur, perubahan waktu, perubahan waktu dan biaya, dan perubahan nilai PPN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis risiko apa saja yang mungkin terjadi terhadap Kontrak Perencanaan Jalan Tol Ruas Betung – Jambi Seksi 3 serta bagaimana tindakan respon risiko terhadap risiko yang mungkin terjadi sehingga dapat memberikan kejelasan dan manfaat terhadap proses keberlanjutan proyek Jalan Tol Ruas Betung – Jambi Seksi 3 sampai tahap akhir. Penelitian ini menggunakan metode Simulasi Monte Carlo yang bertujuan untuk mendapatkan nilai yang lebih konvergen pada penilaian masing-masing risiko dan dilanjutkan dengan Analisis Pareto untuk mengidentifikasi risiko yang dominan terhadap Kontrak Perencanaan sehingga proses mitigasi dapat difokuskan pada risiko yang dominan tersebut. Hasil penelitian memperoleh 13 risiko yang berpengaruh terhadap Kontrak Perencanaan, dimana 9 risiko berkategori risiko tingkat tinggi dan 4 risiko berkategori risiko tingkat menengah/sedang. Hal tersebut memberikan kesimpulan bahwa respon risiko yang tepat merupakan tindakan mitigasi. Berdasarkan Analisis Pareto, didapat prinsip 54/46 yang berarti 46% risiko (6 risiko) menjadi risiko dominan dari 54% total nilai risiko. Risiko dominan tersebut meliputi Risiko Target Durasi Tidak Tercapai, Risiko Kinerja Pihak Jasa yang Buruk, Risiko Perubahan Lingkup Pekerjaan, Risiko Perbedaan Kondisi Lokasi, Risiko Kesalahan Desain, dan Risiko Kegagalan Mutu yang kemudian risiko-risiko tersebut dianalisis penurunan nilai risikonya menggunakan uji coba Simulasi Monte Carlo dan uji coba standar. Didapatkan penurunan risiko dari risiko tinggi menjadi risiko rendah melalui uji coba standar.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Teknik Perancangan Jalan dan Jembatan D4
User ID Pengunggah: Luthfi Sutedi
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:41
Last Modified: 23 Aug 2023 06:41
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item
View Item