RANCANG BANGUN APLIKASI GAME TOP-DOWN SHOOTER DARK CORNERS DENGAN BAHASA JAVASCRIPT BERBASIS WEB

4817071264, Sutan Daffa Satria Hertanto (2021) RANCANG BANGUN APLIKASI GAME TOP-DOWN SHOOTER DARK CORNERS DENGAN BAHASA JAVASCRIPT BERBASIS WEB. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul Pendahuluan Dan Penutup] Text (Judul Pendahuluan Dan Penutup)
JudulPendahuluanDanPenutup.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 sd Bab 4] Text (Isi Bab 2 sd Bab 4)
ISIBab2sdBab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Manuskrip.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (621kB)

Abstrak

Aplikasi game Dark Corners merupakan sebuah game yang dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman javascript berbasis web yang bergenre Top-Down Shooter yang dibuat dengan memanfaatkan artificial intelligence untuk pencarian rute jalan yang paling efektif atau pathfinding pada Non-Playable Character (NPC) menggunakan algoritma dijkstra dan sistem combat untuk membuat alur permainan menjadi lebih menarik dan menghibur bagi pemain. Dalam perancangan dan pengembangannya, aplikasi game Dark Corners menggunakan metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC) dan terdiri atas beberapa modul, salah satunya merupakan modul gameplay. Modul gameplay sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu artificial intelligence yang terdiri atas algoritma dijkstra untuk NPC Zombie yang menjadi musuh dan akan menyerang dan mengejar pemain saat bermain, dan sistem combat yang berisikan pemembuatan dan pengimplementasian senjata untuk melawan NPC zombie serta sistem skor dan nyawa pemain yang dapat berubah sesuai aksi pemain. Hasil implementasi pathfinding pada NPC Zombie menggunakan algoritma dijkstra berhasil memberikan rute perjalanan yang pendek dan efektif saat menuju ke lokasi pemain, dan membuat permainan menjadi lebih menyenangkan dan menantang untuk dimainkan. Dan berdasarkan hasil pengujian user acceptance testing kepada 50 responden, didapatkan nilai skala interval sebesar 84% - 91% atau sangat baik pada pengujian segi teknis maupun segi fungsi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Sutan Daffa Satria Hertanto
Date Deposited: 05 Sep 2021 10:24
Last Modified: 05 Sep 2021 10:24
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item
View Item