IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE SMART UNTUK PINJAMAN KARYAWAN PADA WEB EARNED WAGE ACCESS

1907412002, Felix Fernando Chai (2023) IMPLEMENTASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN METODE SMART UNTUK PINJAMAN KARYAWAN PADA WEB EARNED WAGE ACCESS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas skripsi] Text (Identitas skripsi)
Bab 1-5 Skripsi Felix Fernando Chai.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Manuscript] Text (Manuscript)
JIIET SPK SMART FELIX JURNAL.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab2-Bab4] Text (Bab2-Bab4)
Bab 2-4 Skripsi Felix Fernando Chai.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Inflasi mengakibatkan kebutuhan setiap individu meningkat seiring melonjaknya harga barang. Sebuah studi menyatakan bahwa sebagian besar karyawan menggunakan pinjaman online dengan bunga yang tinggi ketika butuh dana darurat. Pihak perusahaan dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan memberikan sistem pinjaman karyawan dan earned wage access. Earned wage access memberikan akses untuk karyawan agar dapat menerima gaji sebelum tanggal gajian. Tetapi Earned Wage Access memiliki limit pinjaman yang membatasi jumlah pinjaman yang dapat diajukan, untuk mengatasi masalah tersebut penelitian ini memberikan solusi perhitungan SPK untuk pinjaman yang melebihi limit Earned Wage Access Salah satu usaha yang telah menerapkan pinjaman karyawan adalah Sate BiBali. Namun, Sate BiBali belum memiliki standar dan kriteria khusus untuk kelayakan pinjaman karyawan sehingga diperlukan SPK untuk membantu proses pengambilan keputusan yang lebih tepat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan metode SMART pada Sistem Web Earned Wage Access. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan metode SMART menghasilkan rekomendasi kelayakan pinjaman karyawan yang dapat digunakan oleh pihak Sate BiBali dan Sistem Earned Wage Access memudahkan admin Sate BiBali dalam mengelola pinjaman karyawan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 605 Terbitan berseri tentang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 606 Organisasi di bidang teknologi dan ilmu terapan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Felix Fernando Chai
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:29
Last Modified: 21 Aug 2023 01:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12767

Actions (login required)

View Item
View Item