Pengaruh Pengetahuan, Teknologi, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Masyarakat Jakarta Dalam Membayar Zakat Secara Online Melalui BSI Mobile

1904411037, Agustina Wijaya (2023) Pengaruh Pengetahuan, Teknologi, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Masyarakat Jakarta Dalam Membayar Zakat Secara Online Melalui BSI Mobile. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi.pdf] Text
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of BAB 2-BAB 4.pdf] Text
BAB 2-BAB 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Artikel SNAM_Agustina Wijaya(1).pdf] Text
Artikel SNAM_Agustina Wijaya(1).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (1MB)

Abstrak

Penggunaan mobile banking dalam membayar zakat sudah diperkenalkan sejak tahun 2016 akan tetapi penggunaannya oleh nasabah masih sangat rendah dengan rasio pengguna sebesar 4,07 juta jiwa pada tahun 2022 dan dana yang terhimpun sebesar 100 miliar dengan target yang telah ditentukan oleh BSI sebesar 150 miliar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan, teknologi, kemudahan, dan keamanan terhadap keputusan masyarakat Jakarta membayar zakat secara online melalui BSI Mobile. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode Kuantitatif dengan populasi yaitu masyarakat Jakarta pengguna aplikasi BSI Mobile dan teknik pengambilan sample yaitu Non-Probability Sampling. Metode analisa data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Teknologi, Kemudahan, dan Keamanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat Jakarta membayar zakat secara online melalui BSI Mobile. Sedangkan pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan masyarakat Jakarta membayar zakat secara online melalui BSI Mobile. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa pengetahuan tidak menjadi faktor yang mempengaruhi keputusan masyarakat membayar zakat, melainkan terdapat faktor lain diluar pengetahuan seperti faktor religiusitas, jiwa sosial, dan masih banyak lagi.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Agustina Wijaya
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:54
Last Modified: 28 Aug 2023 04:54
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12715

Actions (login required)

View Item
View Item