PENERAPAN JUDUL BERITA SINGKAT DAN PADAT PADA KANAL MUSIC DI WHITEBOARD JOURNAL PERIODE FEBRUARI 2023

2006321050, Ahmad Baihaqi (2023) PENERAPAN JUDUL BERITA SINGKAT DAN PADAT PADA KANAL MUSIC DI WHITEBOARD JOURNAL PERIODE FEBRUARI 2023. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (6MB)

Abstrak

Judul akan sangat memengaruhi minat baca dan menentukan seseorang akan lanjut membaca keseluruhan isi berita atau hanya membaca judulnya saja. Oleh karena itu, diperlukan cara menulis judul yang tepat untuk menarik minat baca masyarakat. Hampir seluruh media online memiliki karakteristiknya tersendiri dalam cara mereka menulis judul. Salah satunya adalah Whiteboard Journal, penulis merasa bahwa Whiteboard Journal merupakan salah satu media online dengan karakteristik yang kuat dan memiliki judul yang baik dalam pemberitaannya.
Namun, pada beberapa judul berita yang dimuat, terdapat judul yang ditulis tidak memenuhi salah satu atau lebih syarat judul berita, salah satu judul yang sering kali tidak terpenuhi adalah singkat dan padat. Judul berita singkat dan padat adalah judul yang tidak bermakna ganda, tidak bertele-tele (to the point), dan terdiri atas 3-7 kata. Melalui penelitian ini, penulis ingin mengetahui apakah Whiteboard Journal menerapkan judul berita singkat dan padat dalam pemberitaannya.
Penelitian ditulis menggunakan metode deskripsi komparatif dengan membandingkan teori judul berita singkat dan padat menurut ahli dan redaksi Whiteboard Journal. Penulis mengumpulkan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan kepustakaan. Penulis juga menggunakan teknik random sampling untuk menentukan berita yang akan dianalisis judul singkat dan padatnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Whiteboard Journal belum menerapkan syarat judul berita singkat dan padat berdasarkan teori para ahli. Hal tersebut dilihat dari 10 berita yang tidak memenuhi kriteria judul singkat dan padat, yakni tidak bermakna ganda, tidak bertele-tele (to the point), dan ditulis menggunakan 3-7 kata.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: Ahmad Baihaqi
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:48
Last Modified: 18 Aug 2023 04:48
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12658

Actions (login required)

View Item
View Item