Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Duplex Coated 350 GSM dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) pada PT X

1906411033, Rizki Abdullah (2023) Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Duplex Coated 350 GSM dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) pada PT X. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Rizki Abdullah_Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4] Text (Bab 2 s/d Bab 4)
Rizki Abdullah_Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)

Abstrak

PT X adalah perusahaan cetak kemasan dengan teknik offset yang memproduksi kemasan untuk berbagai produk. Bahan baku yang paling sering digunakan pada PT X adalah Duplex Coated 350 Gsm. Pada pembelian bahan baku, PT X masih menghitung bahan baku dengan cara manual. Hal ini menjadi masalah karena perusahaan seringkali kekurangan bahan baku saat produk akan diproduksi dan terjadinya pembelian bahan yang berulang-ulang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengendalian ketersediaan bahan baku dengan menentukan teknik Material Requirement Planning (MRP) yang tepat berdasarkan biaya terendah. Peramalan menggunakan metode Moving Average, Weighted Moving Average, Exponential Smoothing serta diversifikasi metode menggunakan Winter Exponential Smoothing. Hasil peramalan yang nilai kesalahan terendah akan diaplikasikan guna menentukan rencana dalam membeli persediaan bahan baku dengan tiga teknik MRP, yaitu, Lot for Lot (LFL), Economic Order Quantity (EOQ), dan Period Order Quantity (POQ). Hasil studi ini diperoleh bahwa biaya perencanaan persediaan bahan baku dengan biaya terendah ialah metode POQ dibandingkan dengan metode LFL dan EOQ. Biaya yang dihasilkan metode POQ lebih rendah yaitu Rp145.715 yang lebih rendah dibanding metode lainnya yang memiliki biaya sebesar Rp295.661 untuk metode LFL dan Rp358.732 untuk metode EOQ.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: Rizki Abdullah
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:26
Last Modified: 18 Aug 2023 04:26
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

View Item
View Item