Analisis Perhitungan Beban Pokok Tiket Bus Dengan Menerapkan Metode Time-Driven Activity Based Costing (Studi Kasus Pada PT XYZ)

1904431020, Erinna Ramadanti (2023) Analisis Perhitungan Beban Pokok Tiket Bus Dengan Menerapkan Metode Time-Driven Activity Based Costing (Studi Kasus Pada PT XYZ). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi_Erinna Ramadanti 1904431020.pdf

Download (705kB)
[thumbnail of Isi Skripsi] Text (Isi Skripsi)
Isi Skripsi_Erinna Ramadanti 1904431020.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (877kB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel SNAM_Erinna Ramadanti 1904431020.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (384kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung beban pokok tiket bus pada PT XYZ dengan menerapkan metode Time-Driven Activity Based Costing (TDABC). Metode TDABC merupakan sebuah sistem perhitungan beban pokok produksi dengan menggunakan alokasi waktu sebagai dasar perhitungan biayanya. Selain pada perusahaan manufaktur, metode TDABC juga dapat diterapkan pada perusahaan jasa. Jenis penelitian bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang bersumber dari hasil wawancara dan observasi serta data sekunder yang diperoleh dari hasil dokumentasi terhadap laporan keuangan PT XYZ selama tahun 2023 dan perhitungan beban pokok tiket bus yang diterapkan hingga saat ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT XYZ menggunakan sistem biaya tradisional dalam menghitung beban pokok tiket busnya. Penerapan metode TDABC dapat menelusuri biaya overhead yang dibebankan untuk setiap layanan yang ditawarkan oleh PT XYZ. Perbandingan yang dilakukan antara beban pokok tiket bus pada PT XYZ dengan sistem biaya tradisional dan metode TDABC menghasilkan distorsi biaya berupa undercosting. Hal tersebut menunjukkan bahwa PT XYZ terlalu rendah dalam menetapkan beban pokok tiket busnya. Metode TDABC dapat diterapkan pada perhitungan beban pokok tiket bus karena dapat memberikan informasi yang lebih akurat berdasarkan konsumsi waktu tenaga kerja pada setiap aktivitas.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Erinna Ramadanti
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:05
Last Modified: 18 Aug 2023 02:05
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12637

Actions (login required)

View Item
View Item