HYBRID KANSEI ENGINEERING BERBASIS KECERDASAN BUATAN DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN

1906411035, Afrilla Syalsa Farid Emberik (2023) HYBRID KANSEI ENGINEERING BERBASIS KECERDASAN BUATAN DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Kualitas kemasan perlu diperhatikan oleh seluruh produsen termasuk perusahaan besar. Sayangnya, masih terdapat kemasan yang kurang memuaskan bagi konsumen, salah satunya kemasan margarin. Kemasan margarin masih dianggap belum sesuai oleh 71,1 persen konsumen karena tidak higienis, tidak praktis, dan sulit digunakan. Hal tersebut mengurangi kenyamanan konsumen sehingga pengembangan perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep dan elemen kemasan baru berdasarkan emosional konsumen, merancang mockup hasil implementasi konsep dan elemen desain baru, serta mengevaluasi rancangan yang diusulkan. Hybrid Kansei Engineering System (HKES) diterapkan karena dapat secara efektif menggambarkan kebutuhan konsumen. Hierarchical Agglomerative Clustering (HAC) dan algoritma K-Means membantu dalam analisis konsep desain. HAC merupakan metode clustering yang rumit dengan hasil dan performa yang akurat. K-Means adalah salah satu algoritma data mining yang paling kuat dan populer dalam penelitian. Long Short-Term Memory (LSTM) Neural Networks memprediksi elemen kemasan sesuai dengan konsep. LSTM adalah artificial intelligence (AI) yang dapat mengingat inti informasi dan membuang informasi yang tidak berguna. Convolutional Neural Networks (CNN) yang merupakan AI dengan algoritma pembelajaran terbaik dalam image processing mengevaluasi rancangan kemasan pada tahap backward KES. Hasil analisis menunjukkan "Disposable" sebagai konsep desain kemasan. Elemen hasil prediksi adalah flip-top lid shape, connection neck shape, pouch body shape, minimalist design type, hand-drawn illustration, monochrome-white color type, dan bottom view label. Hasil evaluasi menunjukkan keselarasan dengan hasil prediksi. Penelitian ini tidak hanya membantu dalam desain dan pengembangan kemasan tetapi juga memberikan ide dan metodologi penelitian untuk memenuhi kebutuhan persepsi konsumen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: Afrilla Syalsa Farid Emberik
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:08
Last Modified: 18 Aug 2023 06:08
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item
View Item