PENGARUH CASHLESS SOCIETY, GAYA HIDUP DAN TINGKAT RELIGIOSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ISLAMI GENERASI Z (Studi Kasus Mahasiswa/i Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta)

1904411025, Faniah Ashilah (2023) PENGARUH CASHLESS SOCIETY, GAYA HIDUP DAN TINGKAT RELIGIOSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMSI ISLAMI GENERASI Z (Studi Kasus Mahasiswa/i Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Jakarta). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi] Text (Identitas Skripsi)
Identitias Skripsi_Faniah Ashilah 1904411025_D4 Keuangan dan Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi] Text (Isi)
Isi Skripsi_Faniah Ashilah 1904411025_D4 Keuangan dan Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Artikel_Faniah Ashilah 1904411025_D4 Keuangan dan Perbankan Syariah.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (684kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan generasi Z sebagai populasi terbesar di Indonesia. Sebanyak 70,59% pengeluarannya untuk hiburan dan aktivitas hedonis. Para generasi Z hidup di era digitalisasi, sehingga berpengaruh terhadap produk teknologi seiring meningkatnya pembayaran non tunai. Ditambah terdapatnya perbedaan tingkat religios. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh cashless society, gaya hidup, dan tingkat religiositas perilaku konsumsi Islami generasi Z. Jenis penelitian ini kuantiatif asosiatif dengan metode analisis regresi linear berganda menggunakan SPSS. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner menggunakan metode purposive random sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa/i aktif jurusan akuntansi Politeknik Negeri Jakarta. Hasil penelitian ini adalah cashless society tidak berpengaruh, gaya hidup berpengaruh negatif dan tingkat religiositas berpengaruh positif terhadap perilaku konsumsi Islami. Secara simultan, cashless society, gaya hidup dan tingkat religiositas berpengaruh terhadap perilaku konsumsi Islami generasi Z. Penelitian ini dapat menambah wawasan para mahasiswa/i dalam menempatkan diri di kampus agar terhindar dari sifat boros dan bahan evaluasi bagi penyelenggara digital payment serta disarankan peneliti selanjutnya untuk menambahkan variabel lainnya dan profil berbagai generasi.

Kata kunci: cashless society, gaya hidup, religiositas, perilaku konsumsi Islami

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 100 - Filsafat dan Psikologi > 170 Etika dan filsafat moral > 178 Etika konsumsi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Faniah Ashilah
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:39
Last Modified: 28 Aug 2023 04:39
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item
View Item