ANALISIS KOMPARATIF KINERJA EXCHANGE TRADED FUND XIJI BERDASARKAN JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR, DAN JENSEN

1904421015, Karlina Anggraeni (2023) ANALISIS KOMPARATIF KINERJA EXCHANGE TRADED FUND XIJI BERDASARKAN JAKARTA ISLAMIC INDEX DAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DENGAN METODE SHARPE, TREYNOR, DAN JENSEN. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s.d. Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s.d. Bab 4))
Isi (Bab 2 s.d. Bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (857kB) | Request a copy
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf

Download (215kB)

Abstrak

Dalam berinvestasi diperlukan pemahaman mendalam mengenai kinerja dari masing-masing instrumen, dalam penelitian ini menggunakan ETF XIJI sebagai objek penelitian dengan indeks JII sebagai benchmark yang mewakili saham-saham syariah yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sebagai return pasar dalam penilaian kinerja. Kinerja ETF XIJI dapat dilihat dari hasil penilaian menggunakan uji beda nilai return dan uji beda kinerja sharpe, treynor, dan jensen. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kinerja ETF XIJI dengan indeks JII dan IHSG. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-Test dalam pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini yaitu tidak ada perbedaan yang signifikan kinerja sharpe, treynor, dan jensen antara ETF XIJI dengan indeks JII dan IHSG kecuali pada kinerja jensen ETF XIJI dengan IHSG. Pada uji beda nilai return ditemukan hasil bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan return ETF XIJI dengan indeks JII dan IHSG. Hasil uji beda nilai return dan uji beda kinerja sharpe, treynor, dan jensen adalah serupa, sehingga ETF XIJI dapat dipertimbangkan sebagai pilihan instrumen dalam berinvestasi dan diharapkan penelitian ini dapat memberikan wawasan kepada investor dan praktisi pasar modal dalam memahami kinerja ETF XIJI serta mengambil keputusan investasi yang lebih baik.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Ms Karlina Anggraeni
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:04
Last Modified: 18 Aug 2023 04:04
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item
View Item