PERANCANGAN MEDIA PROMOSI VIDEO PREMIUM ERKLIKA.ID PT PENERBIT ERLANGGA

1806421040, Ahmad Ilham Khasanudin (2023) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI VIDEO PREMIUM ERKLIKA.ID PT PENERBIT ERLANGGA. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Pendahuluan, Abstrak, dan Penutup] Text (Pendahuluan, Abstrak, dan Penutup)
Laporan TA_Identiitas_Ahmad Ilham Khasanudin_DG 8B_compressed.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of BAB 2 - BAB 4] Text (BAB 2 - BAB 4)
Laporan TA_Isi_Ahmad Ilham Khasanudin_DG 8B_compressed.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (900kB)

Abstrak

Penggunaan layanan streaming Video on Demand (VOD) di negara ini dari terus meningkat. Di tahun 2020, pengguna streaming video di usia 16-24 tahun atau usia masa sekolah meningkat hingga 23%. Berdasarkan data yang telah disebutkan, pembelajaran dengan metode blended learning akan lebih dinikmati oleh siswa sekolah di Indonesia. Oleh sebab itu, pemerintah menganjurkan untuk menerapkan Blended Learning atau metode pembelajaran yang menggabungkan metode pembelajaran jarak jauh (online) dengan pembelajaran tatap muka (PTM). PT. Penerbit Erlangga menyiapkan sistem pembelajaran dengan metode blended learning melalui website yang mereka luncurkan yaitu erklika.id. Erklika.id merupakan platform dengan berbagai macam jenis video pembelajaran. Salah satu jenis videonya adalah Video Premium. Video Premium adalah video pembelajaran mengenai materi yang diadaptasi dari buku cetak, kemudian materi tersebut dikelola menjadi produk audiovisual. Di karenakan produk Video Premium yang ada di website Erklika.id harus dipromosikan secara luas untuk siswa, guru sekolah, dan pelaku pendidikan lainnya di semua jenjang, maka diperlukan key visual untuk diterapkan pada beberapa media promosi digital maupun cetak. Penerbit Erlangga sering mengundang sekolah-sekolah dan pelaku pendidikan dari pemerintahan maupun swasta mengikuti conferences di ballroom kantor pusat PT. Penerbit Erlangga. Hal tersebut yang menjadi salah satu cara Penerbit Erlangga promosi dan memasarkan produk-produknya, salah satunya juga Video Premium Erklika.id. Sebelum diputuskan bagaimana bentuk perancangan Media Promosi, diperlukan metode penelitian kualitatif untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pasar. Setelah didapatkan hasil dari penelitian, ditentukan salah satu media promosi yang diperlukan adalah media promosi cetak dalam bentuk booklet, x-banner, banner dan brosur yang akan di display di kantor Penerbit Erlangga saat acara conferences tersebut dilaksanakan. Dari bentuk pembuatan media promosi tersebut diharapkan Video Premium Erklika.id milik Penerbit Erlangga dapat dikenal oleh masyarakat luas, terkhususnya pelaku pendidikan seperti siswa-siswa sekolah seluruh jenjang, tenaga pengajar, dan juga instansi pendidikan. Dan setelah itu, Video Premium Erklika.id dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa sekolah tidak hanya terpaku pada penggunaan buku paket pembelajaran.
Kata kunci: Media promosi, pendidikan, video on demand, erklika.id

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 505 Terbitan berseri di bidang ilmu pengetahuan alam
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Ahmad Ilham Khasanudin
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:58
Last Modified: 18 Aug 2023 02:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12528

Actions (login required)

View Item
View Item