PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI (SMKK) TERHADAP PERILAKU PEKERJA PADA PROYEK APARTEMEN B RESIDENCE GROGOL

1901421040, Tiara Paramita (2023) PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI (SMKK) TERHADAP PERILAKU PEKERJA PADA PROYEK APARTEMEN B RESIDENCE GROGOL. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Identitas Skripsi, Bab 1 Pendahuluan, Bab 5 Penutup dan Daftar Pustaka] Text (Identitas Skripsi, Bab 1 Pendahuluan, Bab 5 Penutup dan Daftar Pustaka)
Halaman Identitas Skripsi_Tiara Paramita.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 2 s/d Bab 4 dan Lampiran] Text (Bab 2 s/d Bab 4 dan Lampiran)
Isi Skripsi Bab 2 - Bab 4_Tiara Paramita.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (4MB)

Abstrak

Perilaku tidak aman dapat menyebabkan risiko bahaya terhadap aktivitas pelakasanaan konstruksi yang mengakibatkan kecelakaan kerja. Terkait dengan potensi risiko bahaya akan kecelakaan kerja pada pelaksanaan konstruksi, maka pengetahuan akan keselamatan konstruksi pada suatu proyek konstruksi telah menjadi kebutuhan dasar. Aspek keselamatan konstruksi tidak akan bisa berjalan seperti seharusnya tanpa adanya intervensi dari manajemen berupa upaya terencana untuk mengelolanya (safety management), yang disebut dengan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK). SMKK adalah bagian dari sistem manajemen pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi untuk menjamin terwujudnya Keselamatan Konstruksi. Penerapan SMKK menurut Permen PUPR No 10 Tahun 2021 terdiri dari 5 Elemen SMKK yang menjadi standar keamanan, keselamatan, kesehatan dan keberlanjutan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor yang berpengaruh pada penerapan SMKK terhadap perilaku pekerja dan mengetahui pengaruh penerapan SMKK terhadap perilaku pekerja. Penelitian ini berlokasi di Proyek Apartemen X Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi berganda untuk mengolah data hasil kuesioner dengan bantuan SPSS. Hasil penerapan SMKK pada proyek Apart diperoleh dengan cara kuesioner dan wawancara. Berdasarkan uji hipotesis secara simultan menunjukkan bahwa penerapan lima elemen SMKK berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pekerja di proyek. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa elemen Operasi Keselamatan Konstruksi memiliki koefisien regresi paling tinggi dan berpengaruh signifikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 690 Pembangunan gedung > 690 Pembangunan gedung
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Sipil > Konstruksi Gedung D4
User ID Pengunggah: Tiara Paramita
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:46
Last Modified: 19 Aug 2023 02:46
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12500

Actions (login required)

View Item
View Item