PENERAPAN K-MEANS DAN GENETIC ALGORITHM DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN MARGARIN BLUE BAND BERDASARKAN METODE KANSEI ENGINEERING

1906411042, Cindy Wandini (2023) PENERAPAN K-MEANS DAN GENETIC ALGORITHM DALAM PENGEMBANGAN KEMASAN MARGARIN BLUE BAND BERDASARKAN METODE KANSEI ENGINEERING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB)
[thumbnail of Halaman Identitas Skripsi] Text (Halaman Identitas Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (21MB)

Abstrak

Berdasarkan survei terhadap 90 konsumen Blue Band, kemasan Blue Band dianggap belum layak oleh 96,7% responden. Kemasan saat ini dianggap tidak praktis, sulit disimpan, dan tidak higienis. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkonversi keluhan tersebut menjadi desain kemasan menggunakan metode Kansei Engineering yang terbukti efektif dalam menentukan konsep dan elemen desain berdasarkan preferensi konsumen. Proses penentuan konsep menggunakan K-Means optimasi Genetic Algorithm (GA) lebih unggul dengan nilai Silhouette Coefficient 0,4331936 dibanding dengan K-Means tanpa optimasi dengan nilai 0.3633425. Hasil Cluster berdasarkan kata Kansei kemudian disimpulkan menjadi konsep "Menarik-Praktis" dengan bantuan pakar. Selanjutnya, konsep Kansei dievaluasi menggunakan morfologi kemasan dan dijadikan data input pada seleksi elemen menggunakan GA. Proses perhitungan GA dilakukan sebanyak 50 kali inialisasi, sesuai dengan parameter yang ditetapkan. Spesifikasi elemen desain yang terpilih merupakan bentuk Screw (Lid Shape), Round Neck (Neck Shape), Stick (Body Shape), Cheerful (Design Type), Image (Serve) (Illustration), Colorful Blue-Red-Yellow (Color), dan Top View (Label View). Terakhir, elemen desain dibentuk menjadi desain label dan mock-up yang kemudian dievaluasi oleh konsumen untuk menetapkan hasil desain sesuai dengan ekspektasi konsumen.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 602 Aneka ragam tentang teknologi dan ilmu terapan
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 659 Periklanan dan hubungan masyarakat
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 688 Produksi produk final dan pengemasan
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknologi Industri Cetak Kemasan D4
User ID Pengunggah: Cindy Wandini
Date Deposited: 16 Aug 2023 07:58
Last Modified: 16 Aug 2023 07:58
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12496

Actions (login required)

View Item
View Item