PENERAPAN UNSUR TIMELESS DALAM PENYAJIAN HISTORICAL FEATURE PADA KANAL KULTUR DI HISTORIA.ID PERIODE MARET - APRIL 2023

2006321017, Melan Eka Lisnawati (2023) PENERAPAN UNSUR TIMELESS DALAM PENYAJIAN HISTORICAL FEATURE PADA KANAL KULTUR DI HISTORIA.ID PERIODE MARET - APRIL 2023. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas] Text (Halaman Identitas)
Halaman Identitas_Melan Eka Lisnawati_2006321017.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II DAN BAB IV] Text (BAB II DAN BAB IV)
BAB II DAN BAB IV_MELAN EKA LISNAWATI.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Media memenuhi kebutuhan masyarakat akan konsumsi informasi terutama media online yang gencar dipergunakan. Salinan peristiwa dan kejadian dapat digulirkan dalam berita, namun peristiwa yang dipaparkan secara hidup dengan sentuhan subyektivitas dikemas dari tarikan kisah masa lalu kemudian dikaitkan dengan peristiwa terkini lalu dituliskan dalam bentuk historical feature memerlukan keaktualan dalam ragam pengertian dan batasan. Sehingga keawetan dalam penyajiannya diperlukan sebagai tanda ketidakbasian hingga berhari-hari, minggu, bahkan berbulan-bulan lamanya.
Penggunaan analisis dengan teknik sampling random sederhana yang menghitung jumlah populasi historical feature di kanal Kultur periode Maret-April 2023 menghasilkan analisis 10 historical feature dari 33 populasi. Dengan kriteria analisis berupa syarat penulisan feature yang terdiri dari hindari angka yang menunjukkan waktu kejadian, hindari angka yang menunjukkan waktu penulisannya, penulisannya tidak mengikuti cepatnya koran atau media harus memberitakan peristiwa atau kejadian. Berdasarkan kriteria tersebut, 100% menunjukan waktu kejadian, 40% menunjukkan waktu penulisan, dan 40% tidak dapat menghindari cepatnya media atau koran menginformasikan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan > 070 Media berita, jurnalisme dan penerbitan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Penerbitan / Jurnalistik D3
User ID Pengunggah: MELAN EKA LISNAWATI
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:47
Last Modified: 16 Aug 2023 03:47
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item
View Item