PROSEDUR PENGAJUAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO DI BANK SYARIAH INDONESIA

2004321027, Fadhila Maulidiah (2023) PROSEDUR PENGAJUAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KREDIT USAHA RAKYAT MIKRO DI BANK SYARIAH INDONESIA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Isi Bab 2 s.d Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d Bab 4)
Isi Bab 2 s.d Bab 4 - Fadhila Maulidiah.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Judul, Pendahuluan, dan Penutup - Fadhila Maulidiah.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Naik atau turunnya pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya keikutsertaan peran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Namun, UMKM masih mengalami kesulitan dalam mendapatkan akses pembiayaan dari bank, salah satunya keterbatasan akses informasi mengenai pola pembiayaan yang ada di perbankan. Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro adalah salah satu produk pembiayaan yang terdapat di Bank Syariah Indonesia. Jenis pembiayaan ini dapat diajukan untuk memenuhi modal kerja dan/atau investasi kepada UMKM. Dalam menyalurkan KUR Mikro, BSI memiliki prosedur yang harus dilakukan agar tidak salah dalam menyalurkan pembiayaannya. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui produk dan bagaimana prosedur pengajuan pembiayaan BSI KUR Mikro di Bank Syariah Indonesia. Metode penulisan yang digunakan adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Data tersebut diperoleh melalui wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil pembahasan bahwa prosedur pengajuan pembiayaan murabahah pada BSI KUR Mikro dimulai dari permohonan calon nasabah, verifikasi data calon nasabah, pemeriksaan setempat, evaluasi dan rekomendasi, keputusan pemberian pembiayaan, penandatanganan akad, dan pencairan pembiayaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D3
User ID Pengunggah: Fadhila Maulidiah
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:29
Last Modified: 16 Aug 2023 04:29
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item
View Item