MODEL DETEKSI SLEEP APNEA DARI SINYAL FISIOLOGIS JANTUNG DENGAN DEEP LEARNING

1907412026, Raditya Arya Prasetyo (2023) MODEL DETEKSI SLEEP APNEA DARI SINYAL FISIOLOGIS JANTUNG DENGAN DEEP LEARNING. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 1 dan Bab 5] Text (Bab 1 dan Bab 5)
Bab 1 dan bab 5.pdf

Download (11MB)
[thumbnail of bab 2 hingga bab 4] Text (bab 2 hingga bab 4)
bab 2 sampai bab 4.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Jurnal Model Deteksi Sleep Apnea Dari Sinyal Fisiologis Jantung.pdf] Text
Jurnal Model Deteksi Sleep Apnea Dari Sinyal Fisiologis Jantung.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (642kB)

Abstrak

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang serius yang ditandai dengan gangguan pernapasan saat tidur. Deteksi dini dan diagnosis yang akurat dari sleep apnea sangat penting untuk menghindari komplikasi yang berpotensi berbahaya bagi kesehatan. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan sebuah model deteksi sleep apnea menggunakan sinyal fisikologis jantung dan pendekatan deep learning. Model ini menggunakan jaringan saraf konvolusi (CNN) untuk mempelajari pola dan fitur dalam data sinyal jantung. Data sinyal jantung dikumpulkan dari individu dengan sleep apnea dan individu tidur normal sebagai dataset. Dataset yang digunakan merupakan dataset publik dari physionet.org, Dataset tersebut lalu diaugmentasi dan dilatih dengan dengan menggunakan 6 lapisan layer CNN, dan mencapai akurasi sebesar 98,9% dalam mengklasifikasikan sampel sinyal fisiologis jantung sebagai “normal” atau “sleep apnea”. Dengan adanya penelitian ini, aplikasi diharapkan dapat membantu tenaga medis dalam mendiagnosis sleep apnea atau pasien untuk mendapatkan peringatan dini.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Informatika dan Komputer > Teknik Informatika D4
User ID Pengunggah: Raditya Arya Prasetyo
Date Deposited: 15 Aug 2023 00:35
Last Modified: 15 Aug 2023 00:35
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item
View Item