PROSEDUR AUDIT INTERNAL PADA PT YYY CABANG BOGOR UNTUK MENDETEKSI KECURANGAN REALISASI PINJAMAN MODAL USAHA KEPADA MITRA USAHA TAHUN 2023

1904431029, Reneta Ramdani (2023) PROSEDUR AUDIT INTERNAL PADA PT YYY CABANG BOGOR UNTUK MENDETEKSI KECURANGAN REALISASI PINJAMAN MODAL USAHA KEPADA MITRA USAHA TAHUN 2023. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi & Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Judul_BABI Pendahuluan_BABV Penutup_Daftar Pustaka_Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d Bab 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d Bab 4))
BABII Tinjauan Pustaka_BABIII Metodologi Penelitian_BABIV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (790kB)
[thumbnail of Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)] Text (Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal))
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal)_Reneta Ramdani_PNJ.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (435kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana prosedur yang dilakukan oleh auditor internal PT YYY cabang Bogor untuk mendeteksi kecurangan realisasi pinjaman modal usaha kepada mitra usaha tahun 2023. Jenis penelitian bersifat kualitatif dekriptif dengan teknik dokumentasi data yang digunakan dalam prosedur audit internal dan telah diolah. Data penelitian bersumber dari data primer dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi Data Pembiayaan Kelompok Mitra Usaha, serta bersumber dari data sekunder dengan data yang telah diolah. Metode analisis data menggunakan tahap analisis data yang kemudian data tersebut disajikan lalu dibuatkan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan temuan adanya indikasi pemanipulasian dan penghilangan dokumen pembayaran terkait Data Pembiayaan Kelompok Mitra Usaha, tidak adanya otorisasi jelas mengenai sistem pembayaran, dan terdapat pula tenaga kerja kantor cabang yang melakukan tindakan tanpa persetujuan dan otorisasi. Dengan adanya temuan tersebut, maka dibuatkan rekomendasi yang bisa dimanfaatkan untuk perbaikan dalam pengelolaan berikutnya. Kemudian dibuat laporan hasil temuan audit yang akan diserahkan kepada Kepala Divisi Audit Internal. Prosedur yang dilakukan auditor internal untuk mendeteksi kecurangan realisasi pinjaman modal usaha telah memadai melalui proses perencanaan yang dituangkan dalam program audit internal. Prosedur audit internal dalam mendeteksi kecurangan membantu pengelolaan cabang sehingga kepatuhan terhadap aturan berlaku meningkat dan efektivitas kerja dapat tercapai.

Kata Kunci: Pinjaman Modal Usaha, Prosedur Audit Internal, Temuan, Rekomendasi

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 305 Kelompok-kelompok sosial
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 331 Ekonomi perburuhan, tenaga kerja
300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 362 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial pada sekelompok orang
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Akuntansi D4
User ID Pengunggah: Reneta Ramdani
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:00
Last Modified: 18 Aug 2023 02:00
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12345

Actions (login required)

View Item
View Item