DAMPAK VIRALNYA MEME NASABAH PRIORITAS BCA DI MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND REPUTATION

1904421020, Fakhri Ariansyah Putra (2023) DAMPAK VIRALNYA MEME NASABAH PRIORITAS BCA DI MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND REPUTATION. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Fakhri Ariansyah Putra 1904421020 BKT8A - Repositori (Cover, BAB 1, BAB 5, Lampiran).pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Fakhri Ariansyah Putra 1904421020 BKT8A - Repositori (BAB 2 - BAB 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (859kB)

Abstrak

Meme merupakan sarana komunikasi diinternet dalam bentuk gambar atau video yang berisi suatu ide atau persepsi dengan ciri khas dapat menyebar, bereplikasi, dan diremix untuk tujuan sindiran, parodi, kritik, atau menyampaikan argumen lainnya. Fenomena viralnya Meme nasabah prioritas BCA dimedia sosial merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan nasabah untuk menyampaikan argumennya mengenai penampilan dari seorang nasabah prioritas Bank BCA yang berpenampilan sederhana. Pada Meme ini secara tersirat ingin memperlihatkan bahwa terlepas dari penampilan nasabahnya, Bank BCA akan memberikan pelayanan terbaik dan pada akhirnya meningkatkan reputasi serta kepercayaan semua golongan nasabah. Sehubungan dengan viralnya Meme nasabah prioritas BCA secara tidak langsung menjadi opsi promosi baru untuk Bank BCA ditengah ketatnya persaingan perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang dampak penularan, daya ingat, dan penyebaran persepsi mengenai nasabah prioritas BCA yang ditimbulkan dari Meme ini. Serta bagaimana pengaruhnya terhadap reputasi Bank BCA dalam pelayanan nasabah prioritasnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data primer dari hasil pengisian kuesioner kepada 100 responden yang telah melihat Meme nasabah prioritas BCA. Teknik analisa pada penelitian ini menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling Analysis Techniques (SEM-PLS) yang diolah menggunakan software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian menunjukan dua variable yaitu Contagion dan Retention dalam Meme nasabah prioritas BCA berpengaruh positif terhadap reputation Bank BCA. Sementara itu, satu variabel lainnya yaitu Spread tidak berpengaruh. Sehingga, Bank BCA sebaiknya mempertimbangkan penggunaan Meme sebagai sarana promosi dimedia sosial. Karena berdasarkan penelitian Meme efektif untuk menularkan persepsi dan dapat tersimpan dalam memori sehingga mendorong peningkatan Brand Reputation suatu perusahaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial
300 – Ilmu Sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi > 384 Komunikasi, telekomunikasi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Fakhri Ariansyah Putra
Date Deposited: 14 Aug 2023 02:45
Last Modified: 14 Aug 2023 02:45
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12316

Actions (login required)

View Item
View Item