PENGARUH NET VOLUME SAHAM MARKET MAKER, ASIMETRI INFORMASI, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDEKS IDX ESG LEADERS

1904441047, Nadila Tasya (2023) PENGARUH NET VOLUME SAHAM MARKET MAKER, ASIMETRI INFORMASI, LEVERAGE, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA INDEKS IDX ESG LEADERS. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, dan Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, dan Penutup)
Halaman Identitas Skripsi_Nadila Tasya.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Isi Bab 2 s.d. Bab 4] Text (Isi Bab 2 s.d. Bab 4)
Bab 2 s.d Bab 4_Nadila Tasya.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (2MB)
[thumbnail of Manuskrip] Text (Manuskrip)
Artikel Jurnal_Nadila Tasya.pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (397kB)

Abstrak

Kenaikan jumlah investor yang diikuti oleh kenaikan daftar saham dalam Unusual Market Activity mengindikasikan semakin besarnya investor dalam mengoleksi saham yang harganya telah digerakkan oleh market maker. Peraturan terkait market maker yang hingga saat ini belum ditetapkan, membuat risiko tinggi terjadinya asimetri informasi dan permainan harga oleh market maker. Dampak positif adanya Environmental, Social, dan Governance (ESG) membuat investor tertarik untuk menjadikannya sebagai pilihan investasi salah satunya melalui perusahaan yang terdaftar dalam Indeks IDX ESG Leaders. Namun, tidak menjamin perusahaan tersebut memiliki kinerja keuangan yang baik dan murni karena kualitas perusahaan atau karena adanya peran market maker. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Net Volume Saham Market Maker, Asimetri Informasi, Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Metode analisis yang digunakan regresi data panel dengan bantuan software statistik EViews 12. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling periode 2020 2022, terpilih 24 sampel dengan total observasi sebanyak 72 perusahaan. Hasil penelitian menemukan secara parsial Net Volume Saham Market Maker dan Asimetri Informasi berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan Leverage dan Profitabilitas berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Selanjutnya, keempat variabel independen tersebut secara simultan berpengaruh signifikansi terhadap nilai perusahaan.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 657 Akuntansi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 650 Manajemen dan hubungan masyarakat > 658 Manajemen umum
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Manajemen Keuangan D4
User ID Pengunggah: Nadila Tasya
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:38
Last Modified: 16 Aug 2023 03:38
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12306

Actions (login required)

View Item
View Item