ANALISA STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MENCETAK DI MESIN SPEEDMASTER CX 104 DI PT GELORA AKSARA PRATAMA

2006311045, Jaisyur Izzan Tanjung (2023) ANALISA STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR MENCETAK DI MESIN SPEEDMASTER CX 104 DI PT GELORA AKSARA PRATAMA. D3 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bab 2 sampai bab 4 Jaisyur Izzan Tanjung] Text (Bab 2 sampai bab 4 Jaisyur Izzan Tanjung)
Isi Skripsi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (1MB)
[thumbnail of Cover, Bab 1, Bab 5, Lampiran Jaisyur Izzan Tanjung] Text (Cover, Bab 1, Bab 5, Lampiran Jaisyur Izzan Tanjung)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Seiring berkembangnya zaman, teknologi yang digunakan saat ini juga semakin berkembang pesat. Berkembangnya teknologi bukan hanya terjadi pada bagian informasi dan komunikasi seperti handphone, laptop, komputer, dan lain-lain melainkan juga terjadi pada bagian lain dari mulai kendaraan hingga dunia percetakan.
Menurut Cepi Riyana (2008), teknologi merupakan usaha manusia untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan untuk kepentingan dan kesejahteraan. Dapat disimpulkan bahwa teknologi pasti akan berkembang lagi, lagi, dan lagi selaras dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan akal manusia itu sendiri. Berkembangnya teknologi juga merambah pada dunia percetakan terutama pada mesin cetak yang digunakan.
Sebut saja Speedmaster yang merupakan salah satu merek mesin cetak offset yang selalu mengeluarkan mesin cetak dengan teknologi terbaru dan yang pastinya lebih canggih dari versi sebelumnya. Salah satu mesin keluaran merek tersebut yang bisa dibilang mesin terbaru adalah Speedmaster CX 104 yang diproduksi tahun 2022 merupakan contoh berkembangnya teknologi dalam dunia percetakan khususnya cetak offset. Mesin ini bisa dikatakan sebagai “kakak” dari versi sebelumnya yaitu Speedmaster CX 102. Selain ukuran media cetak yang lebih besar dari versi sebelumnya, penambahan fitur yang semakin memudahkan operator mesin tersebut mengoperasikan mesin cetak offset tersebut merupakan penanda bahwa teknologi juga berkembang pesat di dunia cetak offset.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D3)
Subjek: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Teknik Grafika D3
User ID Pengunggah: Jaisyur Izzan Tanjung
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:25
Last Modified: 11 Aug 2023 08:25
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12234

Actions (login required)

View Item
View Item