PENILAIAN KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DITINJAU DARI PENDEKATAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX (IPI), SHARIA MAQASHID INDEX (SMI), DAN SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY (SCNP)

1904411034, Hima Mahda Nadia (2023) PENILAIAN KINERJA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA DITINJAU DARI PENDEKATAN ISLAMICITY PERFORMANCE INDEX (IPI), SHARIA MAQASHID INDEX (SMI), DAN SHARIA CONFORMITY AND PROFITABILITY (SCNP). D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Bagian Identitas Skripsi, Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5)] Text (Bagian Identitas Skripsi, Pembukaan (Bab 1) dan Penutup (Bab 5))
Halaman Identitas Skripsi Terapan Hima Mahda Nadia.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of Isi (Bab 2 s/d 4)] Text (Isi (Bab 2 s/d 4))
Isi Skripsi Terapan Hima Mahda Nadia.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (754kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dibutuhkannya penilaian kinerja bank syariah yang berbeda dari bank konvensional, sehingga masyarakat dan nasabah pun dapat melihat perbedaan bank syariah dengan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja bank umum syariah berdasarkan Islamicity Performance Index (IPI), Sharia Maqashid Index (SMI), dan Sharia Conformity and Profitability (SCnP). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah bank umum syariah di Indonesia dengan sampel penelitian Bank Muamalat, Bank Syariah Indonesia, dan BCA Syariah. Penilaian kinerja menggunakan metode IPI, SMI, dan SCnP. Berdasarkan hasil penilaian, kinerja dengan menggunakan metode IPI menunjukkan bahwa bank umum syariah di Indonesia sudah cukup baik, dan peringkat dengan persentase tertinggi berturut-turut adalah BSI, BMI, dan BCAS. Penilaian kinerja dengan menggunakan metode SMI menunjukkan bahwa bank umum syariah yang memiliki nilai tertinggi adalah BCAS, diikuti dengan BSI dan yang terakhir adalah BMI. Penilaian kinerja dengan menggunakan metode SCnP menunjukkan bahwa bank umum syariah di Indonesia masuk ke dalam golongan URQ (upper right quadrant), dan peringkat dengan persentase tertinggi berturut-turut adalah BSI, BCAS, dan BMI. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat sebagai bahan pertimbangan bank dalam membuat keputusan di masa depan terkhususnya pada indikator ZPR/PI dan DEWR.

Kata Kunci: Penilaian Kinerja Bank Syariah, Islamicity Performance Index, Sharia Maqashid Index, Sharia Conformity and Profitability.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan Syariah D4
User ID Pengunggah: Hima Mahda Nadia
Date Deposited: 30 Aug 2023 08:40
Last Modified: 30 Aug 2023 08:40
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12087

Actions (login required)

View Item
View Item