PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL ELLIONAIRE PROJECT

1906421015, Deasy Paramitha Safitri (2023) PERANCANGAN ULANG IDENTITAS VISUAL ELLIONAIRE PROJECT. D4 thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Judul, Pendahuluan, Penutup] Text (Judul, Pendahuluan, Penutup)
Text (Judul, Pendahuluan, Penutup.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 2 - Bab 4] Text (Bab 2 - Bab 4)
Text (Isi bab 2-4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Setelah pandemi Covid-19, kesadaran masyarakat terhadap desain interior rumah telah semakin meningkat. Hal ini menyebabkan persaingan antara perusahaan yang bergerak di bidang interior semakin ketat. Agar dapat membedakan diri dari yang lain, perusahaan kontraktor interior perlu memiliki identitas visual yang khas. Salah satunya adalah Ellionaire Project, sebuah kontraktor interior yang baru didirikan pada tahun 2022. Meskipun sudah memiliki logo, selama lebih dari satu tahun beroperasi, logo tersebut belum mencerminkan citra perusahaan yang diinginkan, yaitu perusahaan yang menggunakan material premium. Ketidakhadiran Graphic Standard Manual (GSM) juga menjadi kendala dalam membuat desain branding yang konsisten. Untuk mengatasi hal ini, Ellionaire Project memutuskan untuk merancang ulang identitas visualnya. Proses dimulai dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pemilik Ellionaire Project, penyebaran kuesioner kepada target pasar, observasi media sosial kompetitor dan perusahaan sejenis, serta studi literatur. Metode desain yang digunakan adalah design thinking, yang melibatkan beberapa tahap, yaitu Empathize: Pengumpulan data untuk memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan. Define: Analisis data yang telah dikumpulkan untuk memahami dengan lebih baik tentang perusahaan dan pelanggan. Ideate: Menciptakan berbagai ide melalui mind map, moodboard, sketsa manual, dan sketsa digital. Prototype: Membuat mockup GSM dan materi pendukung lainnya. Test: Pengujian terhadap desain yang telah dibuat. Hasil dari proses ini adalah identitas visual baru yang mencerminkan citra perusahaan dengan konsep elegan dan lugas, yang diwakili oleh bunga anggrek, kabinet/lemari, lengkung, dan warna ungu sebagai warna utama. Diharapkan bahwa dengan perancangan ulang identitas visual ini, Ellionaire Project dapat menjadi lebih unik dari perusahaan sejenis dan dapat mengembangkan bisnisnya dengan konsisten menggunakan identitas visual baru ini dalam berbagai media.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (D4)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Deasy Paramitha Safitri
Date Deposited: 10 Aug 2023 09:14
Last Modified: 10 Aug 2023 09:14
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12021

Actions (login required)

View Item
View Item