ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI REKSADANA DI APLIKASI BIBIT (STUDI KASUS GENERASI Z DI JABODETABEK)

1904421008, Annisah Anggraeni (2023) ANALISIS PENGARUH FINANCIAL LITERACY DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI REKSADANA DI APLIKASI BIBIT (STUDI KASUS GENERASI Z DI JABODETABEK). Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman identitas dokumen skripsi] Text (Halaman identitas dokumen skripsi)
Halaman Identitas.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi (Bab 2-Bab 4).pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (769kB)
[thumbnail of Manuskrip artikel ilmiah] Text (Manuskrip artikel ilmiah)
Manuskrip Artikel Ilmiah (Jurnal).pdf
Restricted to Hanya Staff Repositori

Download (400kB)

Abstrak

Literasi keuangan dan perilaku keuangan memiliki peran dalam pengambilan keputusan investasi dikarenakan kondisi pasar yang fluktuatif. Tujuan dari penelitian ini menganalisis pengaruh financial literacy dan financial behavior yang terdiri dari risk tolerance, overconfidence, dan herding terhadap keputusan investasi reksadana pada generasi Z di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability purposive sampling dengan menyebar kuesioner secara daring ke 170 responden investor reksadana generasi Z kelahiran tahun 1994-2005 berdomisili di Jabodetabek. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Diperoleh hasil financial literacy dan overconfidence berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi, risk tolerance berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan investasi dan herding tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi. Dalam pengambilan keputusan investasi reksadana, generasi Z diharapkan dapat menyeimbangkan tingkat kepercayaan diri mereka yang berlebih dengan tidak mengabaikan risiko yang dihadapi dalam pengambilan keputusan investasi reksadana serta mengantisipasi tindakan mengikuti keputusan investor lain.

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Akuntansi > Keuangan dan Perbankan D4
User ID Pengunggah: Annisah Anggraeni
Date Deposited: 09 Aug 2023 04:13
Last Modified: 09 Aug 2023 04:13
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12007

Actions (login required)

View Item
View Item