Perancangan Kemasan Sekunder untuk Produk Loren's Bakery

1806421078, Farrashafa Aisyah (2023) Perancangan Kemasan Sekunder untuk Produk Loren's Bakery. Lainnya thesis, Politeknik Negeri Jakarta.

[thumbnail of Halaman Identitas Dokumen Skripsi] Text (Halaman Identitas Dokumen Skripsi)
Halaman Identitas Skripsi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi] Text (BAB 2 s/d BAB 4 Isi Skripsi)
Isi.pdf
Restricted to Hanya Civitas Akademika PNJ

Download (3MB)

Abstrak

Industri roti merupakan salah satu usaha yang berpeluang besar karena roti termasuk dalam produk bakery yang banyak digemari oleh seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Melihat peluang inilah banyak UMKM bakery rumahan yang bermunculan sehingga persaingan sejenis pun tidak dapat dihindari. Setiap UMKM produk bakery berlomba untuk menonjolkan mereknya sehingga terlihat berbeda dari pesaingnya dan mudah dikenali oleh masyarakat. Salah satu kunci untuk membuat produk UMKM dapat berkembang dan diterima masyarakat luas yaitu dengan membuat kemasan produk yang menarik. Selain menjadi wadah pelindung dan memudahkan untuk dibawa kemana-mana, kemasan dapat menjadi media untuk menginformasikan dan memasarkan produk ke khalayak luas melalui desain kemasan yang menarik. Loren’s Bakery merupakan salah satu UMKM bakery yang berada di Tangerang Selatan. Produk rotinya cukup dikenal dan diminati banyak kalangan karena dari segi harga dan tempatnya mudah terjangkau. Loren’s Bakery menyadari kemasan sekunder yang dimilikinya sekarang kurang menyampaikan identitas Loren’s Bakery dengan baik sehingga sulit dikenali oleh masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut Loren’s Bakery ingin membuat kemasan sekunder yang dapat menjadi media promosi. Kemasan sekunder yang akan dibuat berbentuk handle box karena kebanyakan pembeli Loren’s Bakery membeli produknya dalam jumlah yang banyak dan langsung dibawa pulang. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan Design Thinking, dengan lima tahap yaitu tahap empathize (mengumpulkan data), tahap define (memilih dan menentukan masalah), tahap ideate (membuat mind mapping dan moodboard), tahap prototype (membuat sketsa kasar, sketsa halus hingga desain FAW) dan tahap terakhir test (mencetak desain FAW dalam bentuk dummy).

Tipe Dokumen: Thesis / Skripsi / Tugas Akhir (Lainnya)
Subjek: 700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 740 Seni grafis dan seni dekoratif
700 - Seni dan Rekreasi > 740 Seni grafis dan seni dekoratif > 741 Gambar dan seni menggambar
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak
700 - Seni dan Rekreasi > 760 Pembuatan cetakan dan seni cetak > 769 Seni percetakan
Bidang, Unit, atau Jurusan Yang Ditujukan: Teknik Grafika dan Penerbitan > Desain Grafis D4
User ID Pengunggah: Farrashafa Aisyah
Date Deposited: 09 Aug 2023 08:03
Last Modified: 09 Aug 2023 08:03
URI: https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item
View Item